Politik

Prabowo: CT Scan dan PET Scan Harus Ada di Seluruh Rumah Sakit Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta – Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menekankan mengenai berbagai perlengkapan medis yang memadai, harus tersebar di seluruh Indonesia, khususnya CT scan dan PET scan harus terdapat di setiap kabupaten.

Hal ini disampaikannya saat menjawab capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dari pertanyaan panelis terkait strategi tiap paslon dalam memprioritaskan anggaran dan program promotif dan preventif untuk kesehatan.

“Tidak ada perlengkapan-perlengkapan (medis) yang memadai. CT scan, Positron Emission Tomography (PET) scan jarang ada di kabupaten. Ini harus kita atasi, dan ini bisa kita atasi,” kata Prabowo di arena debat capres, JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/1/2024).

Selain itu, Prabowo mengatakan, untuk mengatasi masalah kesehatan Indonesia adalah dengan menambah jumlah dokter, terutama spesialis.

Ia pun menyebut di sejumlah kabupaten Indonesia tidak memiliki dokter spesialis, salah satunya untuk jantung dan stroke.

“Bayangkan kalau ada yang kena stroke dan jantung, dua sebab yang paling besar kematian di beberapa kabupaten tidak ada spesialis jantung atau stroke,” bebernya.

Prabowo juga memaparkan yang paling penting adalah menyiapkan makanan bergizi untuk anak dan ibu khususnya yang sedang mengandung dan melahirkan untuk preventif masalah kesehatan.

“Makan bergizi ini meningkatkan daya tahan, imunitas, mencegah penyakit. Ini adalah strategis sekali,” kata Prabowo.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close