BeritaNasionalPolitik

Capres Ganjar Ungkap Pentingnya Pembangunan Indonesia yang Beradab

BIMATA.ID JAKARTA Pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD tampil memukau saat memasuki arena Debat Capres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Pada pidato pembukanya, Ganjar menyampaikan bahwa pembangunan Indonesia yang beradab terbagi atas tiga bagian.

“Pertama, kepribadian berbudaya yang mesti masuk di dalam jiwa setiap insan bangsa Indonesia. Kedua, kesehatan adalah yang pertama. Tindakan preventif akan membuat politik kesehatan menjadi lebih baik. Ketiga, akses kesehatan yang diperlukan di setiap desa yang terbaik,” kata Ganjar saat menyampaikan Visi Misi pada Debat Capres 2024.

Pada sesi penyampaian Visi Misi, Ganjar juga menyatakan, bahwa ibu, anak, lansia, kelompok disabilitas, dan masyarakat akan mendapatkan peran sama dalam mengakses layanan kesehatan hingga ke daerah-daerah terisolasi.

Demikian juga, pendidikan dan kebudayaan harus dibangun secara bersama-sama oleh seluruh elemen bangsa.

“Kurikulum pendidikan, fasilitas, dan inklusi dalam memberikan akses terbaik. Kita harus bisa memberikan akses terbaik kepada anak-anak didik kita, termasuk nasib guru dan dosen,” kata Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga memaparkan tentang pentingnya memperhatikan masyarakat yang terpinggirkan. Ia juga menyebutkan pentingnya memberdayakan para penyandang disabilitas mendapatkan sekolah yang inklusif dan tanpa diskriminasi.

“Keterampilan lewat pendidikan yang baik bisa mendorong lapangan pekerjaan yang lebih baik,” kata dia.

Ganjar mengatakan, apabila terpilih sebagai Presiden ke-8 RI, periode 2024-2029, akan mengkaji ulang UUD Cipta Kerja dalam rangka menciptakan keseimbangan dan lebih berorientasi pada manusia.

“Bisa berjalan cepat kalau digitalisasinya baik agar dapat bisa mendapatkan media yang bagus untuk mengembangkan diri,” kata Ganjar.

Selain itu, jelas Ganjar, demokrasi sebagai penerus suara rakyat juga harus dijaga keberadaannya agar berjalan baik.

“Tuanku adalah rakyatku,” Ini adalah mandat.

Secara terpisah, Dewan Pakar Politik TPN Ganjar-Mahfud, Muhammad AS Hikam mengatakan, kehadiran Ganjar Pranowo di atas panggung selain memberikan kesan yang kuat secara visual, juga membawa pesan, bahwa mereka memiliki visi dan komitmen kuat untuk memajukan negeri ini.

“Dengan memberikan salam kepada hadirin dengan bahasa isyarat, mereka juga menunjukkan inklusivitas dan kepedulian terhadap semua lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas,” ujar Hikam.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close