BeritaNasionalPolitik

Akun Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di X (Twitter) Diisolasi

BIMATA.ID JAKARTA Akun Capres dan Cawapres 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di X (Twitter) diisolasi oleh manajemen X.

Akibatnya, para pengguna X yang ingin mengakses kedua akun tersebut kesulitan untuk masuk. Sebaliknya, dua akun milik paslon lainnya, sangat gampang untuk diakses publik.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mempertanyakan kejanggalan di media sosial X (Twittter) terkait akun @ganjarpranowo dan @mohmahfudmd ini.

Menurut, Karaniya Dharmasaputra
Deputi Kanal Media TPN Ganjar Mahfud menjelaskan, fenomena buruk itu sudah terjadi sejak pengumuman cawapres Mahfud MD mundur dari jabatan Menko Polhukam bergulir, tepatnya kemarin (24/01/2024).

“Sejak itu akun X Ganjar Pranowo dan Mahfud MD seperti mendapatkan perlakuan berbeda dengan capres dan cawapres lain. Terutama akun Mahfud MD.” Paparnya.

Dijelaskan, kejanggalan terjadi ketika warganet melakukan pencarian. Unggahan terkini dari akun X @mohmahfudmd tidak dapat ditemukan jika pengguna mencari menggunakan keyword ‘mahfud’ di tab _’latest’_. Sementara, unggahan paslon lain banyak ditemukan.

Pencarian unggahan melalui tab _’latest’_ tersebut sudah dicoba menggunakan akun X Premium, melalui berbagai gawai dan alamat protokol internet (ip address) Hasilnya tidak konsisten, tampil sangat sedikit, bahkan sering kali nihil, dan bukan berasal dari unggahan langsung akun @mohmahfudmd.

Ditambahkan Karaniya, Ganjar Pranowo memiliki pengikut sebanyak lebih dari 3,5 juta, sementara Mahfud MD memiliki pengikut sebanyak lebih dari 4,4 juta.

Atas kejanggalan ini, TPN telah melayangkan surat resmi kepada X, platform yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan dimiliki Elon Musk, untuk mendapatkan penjelasan dan mendesak agar dapat segera diatasi demi terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil.

Tetapi bagaimana tanggapan platform X atas kasus ini, Karaniya belum menjelaskan. Sebab masih menunggu respon dari mananajemen X

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close