BeritaPeristiwaRegional

Kompolnas Pantau Persiapan Operasi Mantap Brata Polri

BIMATA.ID PALEMBANG – Jelang tutup tahun 2024, tim Kompolnas melakukan giat pemantauan persiapan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 . Kehadiran Kompolnas sekaligus menampung klarifikasi saran dan keluhan masyarakat (SKM) dan sekaligus pengumpulan data SDM, Sarpras dan Anggaran Polri di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan dan wilayah hukum Polrestabes Palembang pada Senin hingga Rabu, 18-20/12/2023.

Sumatera Selatan dipilih sebagai obyek Satuan Wilayah Polri yang mendapat perhatian khusus Kompolnas dikarenakan kultur masyarakatnya yang heterogen berpotensi kerawanan cukup tinggi dalam hal pemilih Pemilu 2024,terutama di wilayah tapal batas dimana domisili dan KTP pemilih berada di lokasi yang berbeda.

“Jangan sampai terdapat pemilih ganda yang berakibat pada perselisihan hasil Pemilu”, tutur Dr. Yusuf Warsyim, S.Ag., M.H., dalam paparannya saat dihadapan PJU di Mapolrestabes Palembang,19/12/2023. ?Sebagai Ketua Tim, Dr. Yusuf, didampingi Anggota Kompolnas, H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H., bersama Tim Set.Kompolnas, Brigadir Hari Mukti Dwi Hanggoro, S.Psi, Bripka Nico Frandus Silalahi, S.H., dan Ikbal S.Pd.I yang diterima langsung oleh Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol. Albertus Rachmad Wibowo, SIK bersama PJU di Mapolda Sumatera Selatan, Senin, 18/12/2023.

Dalam arahannya Kapolda meminta kepada jajaran Satuan Kerja di wilayah Polda dan Satuan Wilayah Polres sebagai pengelola anggaran agar melakukan prosedur tata kelola keuangan negara dengan prinsip ekonomis, efesien dan akuntabel sehingga dapat dipertanggungjawabkan disetiap anggaran negara yang digunakannya.

“Kepada PJU dan anggota agar senantiasa memperhatikan Kalender Kamtibmas pada proses tahapan Pemilu 2024 dengan memprediksi potensi gangguan kerawanan yang mungkin terjadi dengan tetap menjaga Profesionalisme dan Netralitas Polri dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya di tahun Pemilu”, papar Kapolda.

Dalam pada itu, Dr. Yusuf menekankan juga bahwa apa yang dilakukan Kompolnas tidak lain adalah melakukan sinergi kelembagaan berupa pengawasan fungsional dalam rangka ikhtiar mewujudkan Profesionalisme dan Kemandirian Polri.

Oleh karenanya perlu diantisipasi viralnya pemberitaan yang dapat menganggu Kamtibmas di Sumsel mulai dari Buzzer, Influencer, dan Netizen di era digital yang memiliki motivasi berbeda beda itu. Viralnya sebuah kasus bisa mempengaruhi situasi Kamtibmas, terang Yusuf.

Pada hari berikutnya, Tim Kompolnas diterima langsung oleh Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol. Dr. Harryo Suggihartono, SIK, MH di Mapolrestabes Palembang pada Selasa, 19/12/2023.

Pada kesempatan yang sama, selaku Anggota Kompolnas, Dawam menitipkan kepada seluruh anggota Polri agar terus bersikap profesional dan tetap menjaga netralitas Polri dalam pelayanan masyarakat sebagaimana Surat Telegram (ST) Kapolri nomor: 1160, tertanggal 31 Mei 2023 dan tidak lelah senantiasa menjaga situasi harkamtibmas agar Indonesia tetap kondusif pada proses tahapan pemilu 2024 yang sedang berlangsung.

AKBP Andes Purwanti, SE, MM, selaku Wakil Kapolrestabes Palembang menjelaskan kesiapan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 Polrestabes Palembang, bahwa seluruh transaksi keuangan di Polrestabes Palembang kini sudah menggunakan aplikasi elektronik sesuai arahan Kementerian Keuangan RI hingga kwartal akhir Desember 2023 ini.

Menurut Dawam, hal itu adalah sesuatu yang positif. Oleh karenanya hal positif ini perlu diteruskan bahkan ditingkatkan dalam praktiknya diberbagai wilayah Indonesia, pungkas Dawam.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close