BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Survei ICRC: Pasangan Prabowo-Gibran di Puncak, Disusul Ganjar-Mahfud

BIMATA.ID, Jakarta- Survei yang dirilis Ide Cipta Research & Consulting (ICRC) mencatat elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi puncak mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 37,3 persen. Kemudian disusul Ganjar-Mahfud 33,5 persen dan Anies-Muhaimin 24,1 persen.

BACA JUGA: Prabowo: Presiden ke-6 dan Presiden ke-7 RI Dukung Saya

“Swing voter ada di angka 5,1 persen,” kata Hadi dalam paparannya di Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

Hadi menjelaskan serangan yang masif dari Ganjar-Mahfud terhadap pemerintahan Jokowi bisa berakibat pada turunnya elektabilitas pasangan itu sendiri.

Namun, di lain sisi, jika kritik disampaikan secara konsisten, bisa juga berpotensi menurunkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi. Menurut Hadi, hal ini juga dapat menguntungkan Anies-Muhaimin.

“Jika tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi di bawah 60 persen, maka yang akan diuntungkan adalah pasangan Anies-Muhaimin. Sehingga pasangan Anies-Muhaimin akan mengalami kenaikan tingkat elektabilitasnya,” katanya.

BACA JUGA: Prabowo Jenguk Luhut di Singapura: Beliau Ingin Segera Bekerja

Hadi juga berpendapat pasangan Ganjar-Mahfud saat ini sulit mendapatkan efek elektoral dari masyarakat yang tidak puas terhadap kinerja Jokowi. Sebab, partai koalisi Ganjar-Mahfud masih ada di kabinet Jokowi.

“Saat ini publik mengetahuinya bahwa partai-partai yang berkoalisi di pasangan Ganjar-Mahfud masih berada di Kabinet Jokowi-Ma’ruf,” ucapnya.

ICRC adalah salah satu lembaga survei yang terdaftar di asosiasi Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI).

Survei ICRC dilakukan pada 12-16 November 2023 terhadap 1.230 responden dengan metode stratified random sampling. Survei menggunakan wawancara via telepon. Margin of error survei kurang lebih 2,79 persen.

BACA JUGA: Prabowo: Presiden ke-6 dan Presiden ke-7 RI Dukung Saya

Hasil survei ICRC ini sejalan dengan survei terbaru LSI Denny JA periode November 2023.

LSI Denny JA mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran kokoh berada di posisi puncak mengalahkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin.

Elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat sebesar 40,3 persen. Kemudian disusul oleh Ganjar-Mahfud 28,6 persen dan pasangan Anies-Cak Imin 20,3 persen.

Elektabilitas Ganjar-Mahfud turun jauh dari Oktober 2023 sebesar 36,9 persen. Sementara elektabilitas Anies-Cak Imin melonjak dari 8,8 persen di Oktober 2023.

BACA JUGA: Prabowo Apresiasi Penghargaan Militer Tertinggi dari Pemerintah Singapura

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close