BeritaInternasionalNasionalPeristiwaPolitikUmum

Prabowo Ganti Foto Profil Instagram Gambar Semangka, Dukungan untuk Palestina

BIMATA.ID, Jakarta — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengganti foto profil akun Instagram pribadinya @prabowo dengan gambar buah semangka yang menandai dukungan terhadap Palestina.

Foto profil bergambar tiga buah semangka itu digantinya pada Minggu (5/11). Sebelumnya, foto profil Prabowo adalah foto dirinya.

BACA JUGA: Prabowo: Biar Elite Menjelekkan Saya, yang Penting Rakyat Desa Cinta Saya

Seperti diketahui, buah semangka kini menjadi simbol protes terhadap penindasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Buah ini memiliki warna yang mirip dengan bendera Palestina.

Dagingnya buah semangka berwarna merah, bijinya berwarna hitam, dan kulitnya berwarna hijau.

Simbol ini pertama kali muncul setelah perang enam hari pada 1967, ketika Israel menguasai wilayah Gaza dan Tepi Barat. Pada saat yang bersamaan, Israel juga mencaplok bagian timur Yerusalem.

BACA JUGA: Jogja Resmikan Posko Juang Prabowo Gibran di Kabupaten Sleman

Karena sudah menduduki wilayah tersebut, pemerintah Israel pun membuat kebijakan jika pengibaran bendera Palestina sebagai bentuk perlawanan hukum.

Rakyat pun menggunakan buah semangka, yang kemudian berkembang menjadi simbol perlawanan.

Sebelumnya, Prabowo pada Sabtu (04/11) menyoroti sikap negara Barat terhadap konflik yang tengah terjadi di Gaza, Palestina. Menurut Prabowo, mereka diam di saat warga tidak bersalah, terutama anak-anak menjadi korban perang.

BACA JUGA: Prabowo Bahas Pengiriman Kapal Rumah Sakit TNI ke Palestina dengan Dubes Palestina

“Sangat disayangkan. Mereka banyak mengajarkan demokrasi. Mereka ajarkan hak asasi manusia. Tapi, begitu ada sebuah negara yang bom rumah sakit, yang bunuh anak-anak kecil, mereka diam seribu bahasa,” tutur Prabowo saat acara Dialog Cendekia yang digelar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Makassar.

Di hari yang sama, Prabowo turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengantar pengiriman bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia ke Palestina tahap pertama seberat 51,5 ton yang terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya.

Selain itu, Prabowo juga pada hari itu mengungkapkan bahwa seluruh rumah sakit TNI disiapkan untuk menerima pengobatan pasien-pasien dari Gaza, di mana saat ini kondisi layanan kesehatan sedang krisis.

BACA JUGA: Prabowo: Sendiri Kita Lemah, Bersatu Kita Kuat

“Saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina. Karena itu, kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir dan negara-negara lain,” ujar Prabowo.

Prabowo juga mengupayakan untuk mengirimkan kapal Rumah Sakit TNI apabila Indonesia mendapatkan izin dengan pihak Mesir.

“Kemudian juga kita akan koordinasi dengan pihak Mesir, TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit.”

Sebelumnya, pada Juni 2023 Prabowo juga telah menyepakati pemberian beasiswa untuk 22 mahasiswa Palestina untuk mendapatkan pendidikan di Universitas Pertahanan RI.

BACA JUGA: Solusi Prabowo soal Kemiskinan di Kalangan Nelayan: Kita Bagi Kapal dan Mesin

Hal itu atas penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan antara Pemerintah Palestina dan Universitas Pertahanan yang telah ditandatangani di Ruang Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close