BeritaInternasionalNasionalPeristiwa

Prabowo Dampingi Jokowi Lepas 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Palestina, yang dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11).

Selain Prabowo, sejumlah menteri lainnya yang turut mendampingi Jokowi adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Presiden bersama para menterinya tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 08.43 WIB dan langsung menyapa Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun.

Baca juga: Temui Menlu, Menhan Prabowo Bahas Kesiapan Pengiriman Bantuan ke Palestina

” Alhamdulillah, pada pagi hari ini, bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish, Mesir, kemudian akan diteruskan dan dilanjutkan ke Gaza,” ungkap Jokowi.

Ia melanjutkan, bantuan yang dikirim hari ini merupakan bantuan tahap pertama dan dibawa dengan menggunakan 3 pesawat, 2 diantaranya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dengan tail number A-1327 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan Hercules A-1328 yang sehari-hari dioperasionalkan oleh Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

“Pengiriman hari ini berisi 51,5 ton bantuan yang berupa bahan makanan; alat medis; selimut; tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza,” sambung Jokowi.

Lihat juga: Prabowo Ingin Koperasi Bisa Berdampingan dengan Perusahaan Swasta hingga BUMN

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi kembali menegaskan pengiriman bantuan kemanusiaan ini menjadi wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia.

“Karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” kata Presiden.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” tegasnya.

Simak juga: Jaringan Induk KUD Dukung Prabowo: Berpihak ke Ekonomi Pancasila

Pesawat-pesawat yang dikerahkan oleh pemerintah Indonesia akan membawa puluhan ton bantuan kemanusiaan itu menuju Bandara El Arish, Mesir, yang lokasinya paling dekat dengan Gaza.

Dari bandara tersebut, bantuan kemudian akan diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk selanjutnya disalurkan ke Gaza melalui dua badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza, yaitu badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Sejumlah pejabat TNI-Polri turut mendampingi Jokowi pada acara pelepasan bantuan kemanusiaan pada hari ini, di antaranya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono; Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit; KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto; KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali; dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Selengkapnya: Terima Deklarasi Dukungan Jaringan Induk KUD, Prabowo: Saya Mau Jadi Instrumen Rakyat Indonesia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close