BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Survei LSI: Hampir 60% Setuju Gibran Cawapres Prabowo

BIMATA.ID, Jakarta- Sejumlah nama muncul untuk jadi pendamping Prabowo Subianto dalam gelaran pemilu 2024 mendatang. Termasuk putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka akan maju jadi calon wakil presiden (cawapres), yang ternyata disetujui hampir 60% orang dalam sebuah survei.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei yang melibatkan 1.299 responden WNI berusia 17 tahun ke atas. Hasilnya 59,7% responden setuju Gibran yang juga Walikota Solo menjadi pasangan Prabowo tahun depan, Minggu (22/10/2023).

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Bakal Daftar di KPU Rabu 25 Oktober

Peneliti LSI Djayadi Hanan menjelaskan terdapat 35,2% yang tidak setuju dengan Gibran yang menjadi cawapres. Sementara itu lebih dari 40% tahu soal informasi Gibran mendampingi Prabowo pada pemilu 2024.

“Sekitar 46,6% tahu kabar/berita bahwa Gibran Rakabuming akan maju menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pemilu 2024 mendatang, Lebih banyak yang setuju Gibran Rakabuming menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pemilu 2024 mendatang,” kata Djayad.

Survei ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan calon presiden dan cawapres diperbolehkan di bawah usia 40 tahun. Namun keputusan ini dengan catatan calon tersebut telah berpengalaman menjadi kepala daerah sebelumnya.

BACA JUGA: Gibran Rakabuming Raka Resmi Jadi Bacawapres Prabowo di Pilpres 2024

Survei ini dilakukan dengan menggunakan telepon. Sementara untuk pemilihan sampel menggunakan random digital dialing (RDD) atau teknik memilih sampel dengan proses pembangkitan secara acak.

Tingkat populasi nasional yang terjangkau dengan telepon sebesar 83%. Margin eror survei ini kurang lebih 2,9% dan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Berikut hasil survei yang dilakukan LSI tersebut:

Beredar kabar/berita bahwa Gibran Rakabuming akan maju menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pemilu 2024 mendatang. Apakah Ibu/Bapak tahu/pernah dengar berita tersebut?… (%)

BACA JUGA: Kesan Warga Bertemu Prabowo di Surabaya: Baik, Menerima dan Ikhlas

Hasilnya:

-Ya, tahu/pernah dengar 46,6%
-Tidak tahu 53%

Responden lalu diberi pertanyaan: Apakah Ibu/Bapak setuju atau tidak setuju Gibran Rakabuming menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pemilu 2024 mendatang?… (%)

Semua responden

-Ya, setuju 53,8%

Khusus yang tahu Gibran maju sebagai cawapres Prabowo

-Ya, setuju 59,7%

Semua responden

-Kurang/tidak setuju 37,2%

Khusus yang tahu Gibran maju sebagai cawapres Prabowo

-Kurang/tidak setuju 35,2%

TT/TJ

-Semua responden 9,0%
Khusus yang tahu Gibran maju sebagai cawapres Prabowo 5,1%

BACA JUGA: Para Santri Serukan Dukungan ke Prabowo saat Bahlil Tanya: Cocok Ya Jadi Presiden?

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close