BeritaNasionalPolitik

Survei LSI: Duet Prabowo dengan Gibran hingga Khofifah Unggul dari Ganjar-Mahfud

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali melakukan survei elektabilitas tiga pasang capres-cawapres yang masuk bursa pemilu 2024 mendatang, Senin, (2/10).

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan pasangan capres dan cawapres menjadi lebih ramai dengan masuknya nama Khofifah dan Mahfud MD.

“LSI Denny JA sendiri sejak bulan Mei 2023 selalu menyertakan nama dua tokoh ini dalam simulasi pasangan. Namun, simulasi Khofifah dan Mahfud MD tidak dipublikasi karena saat itu nama mereka sebagai cawapres belum bersinar seperti sekarang,” kata Adjie.

Baca juga: Kang Dedi Mulyadi di Bojongkoneng: Prabowo Dicintai Tetangga

Lalu bagaimana hasilnya jika Prabowo berpasangan dengan Erick Thohir, Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar?

Menurut Adjie, Prabowo-Erick berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 39.3%. Posisi kedua adalah Ganjar-Sandi dengan dukungan 36.9%. Posisi ketiga adalah Anies-Muhamimin dengan dukungan sebesar 13.6%.

“Prabowo-Erick unggul atas Ganjar-Sandi sebesar 2.4%. Unggul atas Anies-Muhaimin sebesar 25.7%,” kata Adjie.

Lihat juga: Prabowo Terima BPP HIPMI: Pengusaha Bawa Kemakmuran untuk Negara

Kemudian jika Prabowo berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, pasangan mana yang unggul?

Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.5%. Posisi kedua adalah Ganjar-Sandi dengan dukungan sebesar 35.6%. Posisi ketiga adalah Anies-Muhaimin dengan dukungan sebesar 14.1%

“Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar-Sandi sebesar 2.9%. Unggul atas Anies-Muhaimin sebesar 24.4%,” kata Adjie.

Simak juga: PA 212 Kembali Akan Dukung Prabowo Presiden 2024

Dan jika Prabowo berpasangan dengan Airlangga Hartarto, Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, pasangan mana yang unggul?

Prabowo-Airlangga berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.8%. Posisi kedua adalah Ganjar-Sandi dengan dukungan sebesar 35.1%. Posisi ketiga adalah Anies-Muhaimin dengan dukungan sebesar 13.9%

“Prabowo-Airlangga unggul atas Ganjar-Sandi sebesar 3.7%. Unggul atas Anies-Muhaimin sebesar 24.9%,” jelas Adjie.

Selengkapnya: Luhut Doakan Prabowo Subianto: Semoga Bisa Sukses dalam Perjalanan Hidupnya

Terakhir, bagaimana Jika Prabowo menggandeng Khofifah dan Ganjar menggandeng Mahfud MD?

Menurut Adjie Prabowo-Khofifah berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.4%. Posisi kedua adalah Ganjar-Sandi dengan dukungan 35.3%. Posisi ketiga adalah Anies-Muhaimin sebesar 14.0%.

“Prabowo-Khofifah berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.7%. Posisi kedua Ganjar-Mahfud dengan dukungan 35.8%. Posisi ketiga adalah Anies-Muhaimin sebesar 14.4%,” kata Adjie.

Cek juga: Setuju Dengan Prabowo, Partai Garuda Dorong Adanya Kementerian Hak Cipta & Bisnis

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9%. Survei dilakukan pada tanggal 4-12 September 2023.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close