BeritaKesehatan

Sudin KPKP Gandeng Klinik Hewan Untuk Percepat Vaksinasi Hewan Penular Rabies

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur Ali Nurdin menggandeng empat klinik hewan dan dokter hewan di Kecamatan Duren Sawit untuk mempercepat vaksinasi hewan penular rabies (HPR).

“Ini dalam rangka percepatan vaksinasi rabies di Jakarta Timur,” kata Ali, dikutip dari antaranews, Selasa (10/10/2023).

Sudin KPKP Jakarta Timur (Jaktim) menargetkan vaksinasi rabies di wilayah tersebut mencapai 12.000 hewan peliharaan yang terdiri dari kucing, anjing, monyet dan musang.

“Saat ini sudah mencapai 9.000 lebih hewan yang telah divaksin rabies,” ucapnya.

Baca Juga : Sikap Hormat dengan Senior di TNI, Prabowo Salim ke Try Sutrisno

Dia menjelaskan, kerja sama dengan klinik hewan dan dokter hewan dalam percepatan pencapaian target vaksinasi rabies di Kota Jakarta Timur demi mempertahankan status “DKI Jakarta Bebas Rabies” sejak 2004.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, dr Theresia Ellita mengatakan, pihaknya juga bersinergi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) sebagai penggerak anggotanya untuk berpartisipasi sebagai kolaborator dalam layanan vaksinasi hewan penular rabies di wilayahnya.

Sinergi dengan empat klinik hewan dilaksanakan di wilayah Duren Sawit mulai 11 September hingga 11 November 2023. 

Kolaborasi akan diperluas jangkauannya di seluruh wilayah Jakarta Timur.

“Tahap awal ada empat klinik hewan dan dokter hewan praktek di wilayah Kecamatan Duren Sawit yang telah bekerjasama,” tuturnya.

Menurut dia, dalam sinergi ini pihak klinik hewan menyediakan tempat dan layanan vaksinasi, sedangkan Sudin KPKP Jaktim menyiapkan sarana vaksinasinya.

Simak Juga : SBY Sampaikan Harapan Purnawirawan TNI untuk Prabowo

Sehingga, kata dia, masyarakat pemilik hewan penular rabies juga fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi layanan vaksinasi secara gratis.

“Kami menyiapkan 500 dosis vaksin dalam kolaborasi dengan klinik dan dokter hewan praktek ini,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close