BeritaHukumNasionalPolitikRegional

Sturman Panjaitan Diskusikan Strategi Pengamanan Pemilu 2024 di Kodam I Bukit Barisan

BIMATA.ID, Medan – Anggota Komisi I DPR RI, Sturman Panjaitan, melaksanakan kunjungan kerja reses ke Kodam I/BB (Bukit Barisan) untuk membahas kesiapan Kodam dalam pengamanan Pemilu tahun 2024, termasuk Pilpres dan Pileg.

“Saya mencatat beberapa poin penting selama kunjungan ini. Pertama, Kodam Bukit Barisan telah mempersiapkan tugas dan strategi yang matang untuk menghadapi Pemilu 2024, terutama dalam pemetaan daerah-daerah yang rawan konflik. Sesuai dengan struktur provinsi, Kodam Bukit Barisan akan mengidentifikasi wilayah-wilayah yang berpotensi konflik, sehingga dapat mengalokasikan sumber daya pasukan dengan efektif,” ungkap Sturman Panjaitan usai pertemuan di Kodam, Medan, Sumatera Utara, Senin (16/10/2023).

Baca Juga : Relawan Garuda Deklarasi Dukung Prabowo, Sekjen Gerindra: Anak Muda Jangan Berhenti Berjuang

Selain itu, pembahasan juga mencakup masalah pengamanan distribusi logistik pemilu di Kepulauan Riau (Kepri), Sumut, dan Riau.

“Terutama di tiga provinsi tersebut, distribusi logistik pemilu masih mengalami kendala yang perlu segera diatasi. Oleh karena itu, kami memandang perlu bantuan dari Kodam yang memiliki keterampilan dan pengalaman dalam mengamankan serta mengawal distribusi logistik tersebut,” tambahnya.

Legislator Dapil Kepri ini juga menyoroti peningkatan peran satuan komando wilayah seperti Koramil, Kodim, atau Babinsa.

Simak Juga : Prabowo: Teruskan Strategi Jokowi, RI akan Jadi Negara yang Luar Biasa

“Selain itu, penting untuk meningkatkan peran satuan komando wilayah yang ada di daerah tersebut, seperti Korem, Koramil, atau bahkan Kodim dan Babinsa. Hal ini sangat penting karena TNI memiliki tanggung jawab untuk mendukung Polri dan Pemda dalam pelaksanaan pemilu,” ujarnya.

Terakhir, ia menekankan bahwa TNI akan memaksimalkan penggunaan anggaran yang diberikan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024. “Seluruh prajurit TNI akan berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan anggaran yang mereka terima. Kami menyadari bahwa anggaran yang diberikan kepada Kodam dan Korem masih terbatas, namun hal ini tidak akan mengurangi semangat kami untuk memastikan Pemilu berjalan aman, jujur, adil, langsung, dan bersih,” tegasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close