BeritaInternasionalNasionalPolitik

Puan Maharani Hadiri Sidang P20 di India, Dorong Solusi untuk Ketegangan Geopolitik

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua DPR RI, Puan Maharani, memenuhi undangan untuk menghadiri P20 ke-9, G20 Parliamentary Speaker’s Summit, yang digelar di India. Selama sidang parlemen negara-negara G20 ini, Puan memberikan apresiasi kepada Dewan Rakyat India, atau Lok Sabha, atas penyelenggaraan KTT P20 ke-9 yang sangat baik, terutama kepada Ketua Lok Sabha, Om Birla.

“Saya sangat senang berada di sini untuk menghadiri KTT P20, yang dihadiri oleh para pemimpin tinggi dari parlemen negara-negara G20. Kami di sini untuk memenuhi tanggung jawab kami sebagai wakil rakyat,” kata Puan dalam keterangannya usai menghadiri P20 ke-9, G20 Parliamentary Speaker’s Summit, Selasa (17/10).

Di samping menyoroti pentingnya campur tangan seluruh negara dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Puan juga memberikan gagasan dan pandangannya mengenai perdamaian dan kesejahteraan global melalui peningkatan kerja sama.

“Sebagai satu keluarga global, dunia harus bekerja bersama-sama untuk mengatasi tantangan global yang beragam. Oleh karena itu, kita harus memperkuat persatuan dan menentang perpecahan, terutama perpecahan antara utara dan selatan, timur dan barat,” kata Puan kepada peserta sidang P20.

Baca Juga : Kader Gerindra Purworejo Usul Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sebagai seorang politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan, Puan berharap agar anggota P20 mendorong pemerintah negara masing-masing untuk menciptakan lingkungan global yang mendukung pengurangan ketegangan geopolitik melalui diplomasi antar-parlemen.

Puan menekankan, “Saat menghadapi krisis, parlemen harus memainkan peran yang lebih aktif dalam mendorong pemerintahan masing-masing untuk menciptakan lingkungan global yang kondusif dan mengurangi ketegangan geopolitik.”

Dalam konteks perdamaian yang menjadi cita-cita bersama, Puan menggarisbawahi pentingnya dorongan yang diberikan oleh Parlemen kepada Pemerintah untuk menyelesaikan berbagai konflik peperangan dan kemanusiaan.

“Kita harus menunjukkan bahwa Parlemen adalah penyelaras positif dalam usaha mencapai perdamaian dan kesejahteraan global. Ini adalah tantangan bersama kita untuk terus mendorong penyelesaian konflik dan mencapai kesejahteraan,” tandas Puan.

Cek Juga : Ulang Tahun Prabowo, Anies Doakan Selalu Sehat

P20 Speaker’s Summit ke-9 berlangsung di Yasho Bhoomi Convention Centre, New Delhi, India, pada Jumat, 13 Oktober 2023. India, sebagai tuan rumah, memilih tema ‘Parliaments for One Earth, One Family, One Future’ untuk Sidang P20 tahun ini.

Puan diwakili dalam forum multilateral ini oleh Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Fadli Zon, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris, Anggota Komisi V DPR RI, Irine Yosiana Roba Putri, Duta Besar Indonesia untuk India, Ina Krisnamurthi, dan Sekjen DPR RI, Indra Iskandar.

Setelah upacara pembukaan P20 Summit, mereka semua menghadiri jamuan makan siang, di mana Puan duduk bersama Perdana Menteri India, Narendra Modi, Ketua Lok Sabha, Om Birla, dan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Pacheco Duarte.

Simak Juga : Head to Head Survei H-3 Pendaftaran Capres, Elektabilitas Ganjar 36,21% Kalah Dari Prabowo 41,74%

Sidang P20 sendiri terbagi menjadi beberapa sesi. Dalam sesi pertama, yang bertemakan ‘Agenda 2030 untuk SDGs: Menunjukkan Pencapaian, Percepatan Kemajuan’, Puan menjadi ketua parlemen negara G20 pertama yang memberikan pidato pembukaan.

Seluruh Ketua Parlemen negara-negara G20 hadir dalam Sidang P20 ini bersama dengan delegasi mereka, dan juga perwakilan dari negara-negara undangan serta sejumlah lembaga internasional.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close