BeritaEkonomiNasionalPerikananPerkebunanPertanianPolitikRegional

Puan Maharani Dorong Bank Pemerintah Fokus Layani Nelayan, Petani, dan Peternak

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyuarakan pentingnya mengembangkan sistem perbankan yang lebih mendukung para petani, peternak, dan nelayan agar mereka dapat lebih mandiri dalam usaha mereka.

Salah satu solusi yang diusulkan oleh Puan adalah dengan membentuk atau mengalihfungsikan bank-bank milik pemerintah untuk lebih fokus melayani kebutuhan nelayan, petani, dan peternak.

“Melalui perbankan yang ramah terhadap nelayan, petani, dan peternak, kita berharap dapat menjaga kedaulatan pangan. Dengan demikian, roda perekonomian akan berputar dan produksi pangan akan meningkat.” kata Puan Maharani melalui keterangannya, Kamis (19/10).

Baca Juga : Rumah Indonesia Dukung Erick Thohir Sebagai Bacawapres Untuk Mendampingi Prabowo Subianto

Selain itu, terkait dengan lonjakan harga beras dan gula, Puan mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan operasi pasar murah. Ia berpendapat bahwa operasi pasar dapat membantu mengatasi fluktuasi pasar yang disebabkan oleh krisis pangan akibat fenomena El Nino.

“Fenomena alam El Nino saat ini mengancam, dan kita tidak tahu kapan akan berakhir. Dampaknya sangat dirasakan dalam penurunan produksi bahan pokok, khususnya produksi beras, yang pada akhirnya mengakibatkan kenaikan harga,” kata Puan.

Simak Juga : Hercules Bakal Kerahkan 1 Juta Anggota Untuk Dukung Prabowo Presiden

“Oleh karena itu, perlu dilakukan intervensi, termasuk peran pemerintah daerah dalam mengatasi potensi krisis pangan dengan menggelar operasi pasar murah. Jika dapat dilakukan secara rutin, ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tambahnya, menegaskan peran penting pemerintah daerah dalam menghadapi tantangan ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close