BeritaKesehatanRegional

Pemkot Semarang dan Kejati Jateng Buka Balai Rehabilitasi

BIMATA.ID, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah (Jateng) berkolaborasi membuka Balai Rehabilitasi Adhyaksa di RSWN KRMT Wongsonegoro Kota Semarang.

Diketahui, Balai rehabilitasi ini akan memberikan layanan rehabilitasi secara gratis bagi masyarakat yang tidak mampu.

Kepala Kejati Jateng, I Made Suarnawan, bersama Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, secara langsung resmikan Balai Rehabilitasi yang diinisiasi Kejaksaan Negeri Semarang, pada Kamis (26/10/2023).

Baca juga: Tak Ada Persiapan Khusus, Prabowo Rutin Olahraga Renang

Pada kesempatan tersebut, Suarnawan menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Semarang atas kerjasamanya dalam upaya memberikan pelayanan, utamanya pemulihan masyarakat yang mengalami ketergantungan dengan obat-obatan terlarang.

“Apalagi ini adalah salah satu upaya menjalankan amanat Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Pasal 54 dimana pecandu Narkoba wajib menjalani rehabilitasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/10/2023).

Lanjutnya, setiap orang atau pecandu Narkoba yang akan menggunakan layanan ini terlebih dahulu dilakukan asesmen atau penilaian oleh penyidik dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang.

Lihat juga: Fakta Unik tentang Prabowo, Takut Jarum Suntik

Oleh karena itu, dalam proses ini, ada asesmen terpadu yang dilakukan oleh penyidik, jaksa, hakim, dan dokter psikolog. Jika sudah terpenuhi, usulan dari penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk menentukan apakah seseorang memenuhi syarat untuk menjalani rehabilitasi.

Menurutnya, jika penanganan pemulihan dilakukan di rumah ataupun bangunan sendiri, akan jauh lebih repot. Sehingga Pemkot Semarang dan Kejati Jateng berkolaborasi untuk membangun balai rehabilitasi.

“Di RSWN ini ada bangunan yang bisa digunakan, kemudian bersama-sama bangunan ini dibangun sesuai standarnya, sehingga korban bisa nyaman di sini hingga masa pemulihan,” jelasnya.

Simak juga: Prabowo Beberkan Rahasia Badannya Sehat Bugar: Berenang dan Jamu Kunyit, Teh Cengkeh

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close