BeritaKesehatanNasionalUmum

Moeldoko: Ivermectin Efektif Dalam Penyembuhan Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta– Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan ivermectin efektif dalam penyembuhan Covid-19, meskipun obat tersebut merupakan obat cacing.

Hal itu diakui Moeldoko berdasarkan penggunaan Ivermectin yang dibagikan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) kepada masyarakat

“Sungguh sangat mendukung program edukasi hari ini, untuk kenalkan lebih dekat tentang ivermectin sebagai salah satu obat yang telah terbukti efektif di dalam penyembuhan Covid-19 di berbagai negara walaupun kita tahu invermectin digunakan untuk obat cacing,” kata Moeldoko dalam diskusi daring, Senin (28/06/2021).

Moeldoko yang juga merupakan Ketua Umum Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) tersebut mengatakan pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah memasuki situasi yang kritis.

Indikatornya yakni zona merah Covid-19 yang meluas, tingkat keterisian tempat tidur yang tinggi , dan banyaknya varian virus corona di sejumlah daerah.

“Ditambah belum semua dari kita mendapatkan vaksin. Dengan perkembangan Covid-19 seperti itu, kami menilainya ini adalah situasi yang kritis, bukan situasi yang normal, maka diperlukan critical thinking, dan bahkan sebuah solusi dalam kondisi kritis seperti ini,” katanya.

Moeldoko mengatakan berdasarkan data FLCCC alliance (Front Line Covid Critical Care) sudah ada 33 negara yang menggunakan Ivermectin dalam mengatasi Covid-19, di antaranya yakni Brazil, Zimbabwe, Jepang, dan India.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close