BeritaKesehatanLifestyleNasionalRegional

Gubernur Bali Larang Warga yang Terpapar COVID-19 Isolasi Mandiri di Rumah

BIMATA.ID, Denpasar – Gubenur Bali I Wayan Koster menetapkan kebijakan baru mengenai pengaturan isolasi bagi warga yang terjangkit COVID-19. Salah satunya yakni pelarangan isolasi mandiri di rumah, dan pemberlakukan isolasi terpusat.

“Tidak mengijinkan Isolasi Mandiri di rumah karena berisiko tinggi (terjadi penyebaran COVID-19),” tegas Koster dalam Surat Edarannya,(16/07/21).

“Jika masih ada masyarakat dengan keadaan tertentu atau terpaksa harus Isolasi mandiri, maka Satgas Gotong Royong menempel stiker dirumahnya yang menerangkan bahwa penghuni rumah sedang melakukan isolasi mandiri,” tambahnya.

Selain itu, ia menginstruksikan Satgas Kabupaten ataupun Kota supaya memfasilitasi dan mendorong tersedianya fasilitas gedung yang ada sebagai tempat isolasi terpusat.

“Isolasi terpusat di tingkat desa, kelurahan atau desa Adat, yang dikelola bersama oleh Satgas Gotong Royong dan Satgas Desa/Kelurahan,” ujarnya

Sementara itu, isolasi terpusat tingkat kecamatan, dikelola oleh Satgas kecamatan. “Isolasi terpusat tingkat Kabupaten/Kota, dikelola oleh Satgas Kabupaten/Kota, dan juga menyediakan Isolasi bagi ASN/Non ASN Pemerintah Kabupaten/Kota,” imbuhnya.

Isolasi terpusat tingkat provinsi, kata Koster telah disiapkan di Ibis Hotel Kuta, dan isolasi khusus ASN/Non ASN Pemerintah Provinsi Bali, TNI serta Polri telah disiapkan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bali.

Sementara itu, angka kasus COVID-19 di Bali kian menghawatirkan lantaran lonjakan terus terjadi. Bedasarkan data dari Satgas COVID-19 Privinsi Bali, per Kamis (15/07) kemarin, sebanyak 843 orang terkonfirmasi positif.

Dari angka itu, 706 orang melalui transmisi Lokal, 136 Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dan 1 Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Sementara itu, angka sebanyak 420 orang dan 14 pasien dinyatakan meninggal dunia. (Kanalbali/WIB)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close