BeritaKesehatanRegional

Pemkab Bangka Targetkan Seluruh Puskesmas Terakreditasi Paripurna

BIMATA.ID, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menargetkan seluruh puskesmas di daerah itu terakreditasi paripurna hingga akhir 2023.

Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan, bahwa Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama, kata dia, perlu dilakukan akreditasi guna memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

“Terdata sampai saat ini dari 12 puskesmas yang tersebar di sejumlah wilayah kelurahan dan desa di Kabupaten Bangka, baru enam puskesmas yang sudah terakreditasi. Ditargetkan hingga akhir 2023 seluruh puskesmas terakreditasi paripurna,” kata Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kabupaten Bangka, Boy Yandra, di Sungailiat, Rabu (04/10/2023).

Baca juga: Relawan Pendukung prabowo Presiden, Gelar Aksi Sosial Bersih Lingkungan

Mengenai hal itu, Boy juga memberikan apresiasi kepada manajemen Puskesmas Sinar Baru Bangka yang membuka layanan kesehatan untuk masyarakat dari pagi hingga sore hari.

“Puskesmas Sinar Baru satu-satunya puskesmas di Kabupaten Bangka yang memberlakukan layanan kesehatan lebih dari delapan jam kerja atau dari pagi sampai sore,” ucapnya.

Selain itu, Boy juga menyarankan bagi puskesmas yang sudah terakreditasi agar memberikan pelayanan kesehatan yang baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Pegawai puskesmas diminta memberikan pelayanan yang prima sehingga masyarakat mendapatkan hak pelayanan kesehatan yang maksimal.

Lihat juga: Anak Buah Prabowo: Revolusi Putih Bukan Sekedar Janji, Sudah Dilakukan Sejak 2009

“Kita akan melakukan perbaikan dan pendampingan bagi puskesmas yang belum menerapkan SOP secara benar,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close