BeritaEkonomiNasionalPolitikRegional

Netty Prasetiyani Aher: Kenaikan UMP Tahun 2024 Adalah Keharusan

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher memberikan dukungannya terhadap rencana kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada tahun 2024. Menurutnya, kenaikan UMP adalah suatu keharusan mengingat adanya peningkatan harga-harga kebutuhan pokok.

“Jika biaya hidup terus meningkat tanpa perubahan dalam pendapatan masyarakat, ini akan berdampak negatif pada daya beli dan kesejahteraan rakyat,” ungkap Netty kepada media di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga : Layanan Kemanusiaa DPP Gerindra Gelar Pengobatan Gratis dan Syukuran HUT Prabowo

Kementerian Ketenagakerjaan sebelumnya telah mengumumkan bahwa UMP tahun 2024 akan mengalami kenaikan mengingat perkembangan ekonomi saat ini. Netty menyatakan,

“Tidak ada alasan bagi pihak-pihak terkait untuk menolak kenaikan UMP, terutama jika alasan penolakan itu berhubungan dengan dampak Covid-19. Bahkan, pemerintah telah mencabut status pandemi, dan ekonomi sudah mulai pulih,” kata politisi Fraksi PKS ini.

Netty menginginkan pemerintah untuk mengajak para pekerja dan pengusaha untuk duduk bersama dan membahas rencana kenaikan UMP 2024.

“Penetapan UMP harus berlandaskan prinsip win-win solution, bukan persaingan atau keuntungan semata. Pekerja berhak mendapatkan upah yang pantas, sementara pengusaha juga berhak meraih keuntungan dari usaha mereka. Semua pihak memiliki kontribusi dan hak yang seharusnya dihormati. Yang terpenting, kita harus saling memahami dan berempati,” jelasnya.

Simak Juga : Perkuat Konsolidasi Partai, Prabowo Hadiri Rapimnas Gerindra di Dharmawangsa

Menurut Netty, prinsip keadilan sosial dan ekonomi yang mementingkan kesejahteraan rakyat harus menjadi panduan dalam merumuskan kebijakan ekonomi, termasuk kenaikan UMP.

“Bagaimana masyarakat dapat mencapai kedaulatan ekonomi jika keadaan ekonomi mereka terpuruk? Oleh karena itu, negara harus bersikap adil dan berpihak pada kepentingan rakyat. Kenaikan harga bahan pokok harus sejalan dengan kenaikan pendapatan rakyat, dan salah satunya dapat diwujudkan melalui kenaikan UMP,” tegasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close