BeritaEkonomiNasionalUMKM

Kemenkeu Sebut Sinergi Kunci Penting Majukan Desa dan UMKM

BIMATA.ID, Jakarta – Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sudarto mengatakan, sinergi adalah kunci penting untuk bersama-sama memajukan desa dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) demi pembangunan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

“Mari kita secara bersama-sama secara bersinergi untuk memajukan desa dan UMKM. Yang kita bangun adalah suatu ekosistem yang memungkinkan desa maju, BUMDes mandiri,” kata Sudarto dalam Seminar Nasional Peningkatan Kewirausahaan dan Inovasi Perekonomian Desa di Indonesia yang diikuti virtual di Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Menurutnya, sinergi, dan kolaborasi telah terbukti dalam membantu mempertahankan inflasi Indonesia di sekitar 3 persen. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah serta pemangku kepentingan terkait saling bekerja sama, serta berkoordinasi sehingga Indonesia mampu mengendalikan inflasi di tengah perekonomian dunia yang bergejolak.

Baca juga: Maung 08: Dukungan Untuk Prabowo-Gibran Tak Terbendung Lagi

Selain itu, inflasi tersebut bukan sekadar urusan bank sentral melainkan juga menjadi urusan bersama lintas pemangku kepentingan.

Sinergi dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan dan masyarakat juga terbukti menjadi kunci dalam penanganan COVID-19. Sudarto menuturkan Indonesia menjadi salah satu negara yang terbaik dalam penanganan pandemi COVID-19.

Sehingga, juga diperlukan cara-cara baru bagi pembangunan, dan pengembangan lebih 74 juta desa dan lebih 62 juta UMKM di seluruh Indonesia.

Lihat juga: Prabowo-Gibran Jalani Tes Kesehatan Bersama di RSPAD, Pose Berpegangan Tangan

Oleh karena itu, seluruh pihak untuk bersinergi mengembangkan UMKM dan desa dan mengatasi tantangan yang dihadapi seperti aspek inovasi dan teknologi, pemasaran, sumber daya manusia, pembiayaan dan tata kelola dan kelembagaan, karena kemajuan UMKM dan desa akan berdampak pada pembangunan Indonesia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menegaskan pentingnya pembangunan wilayah perdesaan, seperti yang diupayakan oleh Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi).

“Pembangunan desa itu sangat penting, sejalan dengan program pemerintah yang membangun dari pinggiran,” tutur Jokowi dalam Pembukaan Jambore Nasional Dai Desa Madani Parmusi 2023 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (26/09/2023).

Simak juga: Relawan MASBRO Kawal Pendaftaran Prabowo-Gibran ke KPU

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close