BeritaInternasionalNasionalPolitik

Fadli Zon Tekankan Pentingnya Kerja Sama Internasional dalam Pelestarian Lingkungan

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, menegaskan komitmen DPR dalam menyusun regulasi untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup. Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik di daratan maupun di laut.

Sebagaimana disampaikan Fadli Zon dalam rangkaian acara Parliamentary Forum on LiFE (Lifestyle for Environment) di New Delhi, India, sebagai bagian dari forum Parlemen anggota G20, yang berlangsung pada beberapa waktu lalu.

“Dalam Konstitusi kami, diamanatkan bahwa semua potensi ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Fadli dalam sebuah pernyataan resminya kepada media, Senin (16/10).

Baca Juga : Relawan Garuda Deklarasi Dukung Prabowo, Sekjen Gerindra: Anak Muda Jangan Berhenti Berjuang

Fadli menekankan bahwa semua upaya harus selaras dengan komitmen menjaga sumber daya alam. Yang tidak kalah penting, upaya ini juga harus memperhatikan aspek inklusivitas sosial.

Pemerintah terus mendorong pembangunan berbasis ekonomi hijau dalam semua program nasional untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Selain itu, upaya percepatan transisi energi juga tetap menjadi prioritas. Fadli mencatat bahwa Indonesia telah secara bertahap menghapus subsidi bahan bakar fosil dan memulai uji coba pasar karbon.

Simak Juga : Prabowo Sebut Sudah Kenyang Jadi Sasaran Black Campaign: Monggo Rakyat Menilai

Lebih lanjut, Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini juga menegaskan komitmennya terhadap multilateralisme. Fadli menyoroti pentingnya kerja sama internasional dalam mempromosikan pemanfaatan sumber daya alam global secara berkelanjutan dan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

“G20, sebagai produsen dan konsumen energi terbesar, memiliki potensi untuk menjadi penghubung antara negara berkembang dan maju, mempercepat proses transisi energi, dan memperkuat sistem energi global yang adil serta berkelanjutan, sesuai dengan kesepakatan global,” tambah Fadli, yang juga merupakan Anggota Komisi I DPR RI.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close