BeritaHukumInternasionalNasionalPolitik

Abdul Kharis Almasyhari, Gelar Aksi Peduli Palestina Melalui ‘Waton Playon’

BIMATA.ID, Jakarta – Ada banyak cara untuk menggalang kepedulian dan menunjukkan simpati terhadap kekejaman Israel terhadap Bangsa Palestina. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan acara lari sehat bersama masyarakat umum, tanpa membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Hal ini diwujudkan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, bersama komunitas ‘Waton Playon’. Pria berpostur tinggi ini bersama komunitasnya mengadakan kegiatan lari sambil mengenakan tanda pita hitam di lengan. Komunitas Waton Playon bekerjasama dengan pegiat Olahraga Lari Sehat Solo Raya pada beberapa waktu lalu.

Menurut Abdul Kharis, kegiatan lari ini adalah ekspresi simpati terhadap tragedi kemanusiaan yang telah menelan banyak korban dan menimpa rakyat Palestina yang masih berjuang melawan pendudukan Israel.

“Sejak tahun 1948, pendudukan Israel atas Palestina telah secara berulang melanggar Resolusi PBB. Oleh karena itu, pemerintah dan rakyat Indonesia telah lama menyuarakan dukungan dan simpati terhadap kemerdekaan Palestina,” ungkapnya kepada media, Kamis (26/10).

Baca Juga : Maung 08: Dukungan Untuk Prabowo-Gibran Tak Terbendung Lagi

Dia menambahkan bahwa Bung Karno, misalnya, dalam acara olahraga internasional seperti Piala Dunia tahun 1968, memerintahkan agar Tim Indonesia menolak berhadapan dengan Israel sebagai tanda solidaritas terhadap kemerdekaan Palestina.

“Bung Karno mengatakan, ‘Selama nasib Bangsa Palestina belum dikembalikan kepada Rakyat Palestina, maka Indonesia akan selalu berjuang bersama Bangsa Palestina,'” tegasnya.

Selain itu, ini juga sesuai dengan amanat Konstitusi RI, yaitu UUD 1945, yang menyatakan bahwa penjajahan di seluruh dunia harus dihapuskan dan kemerdekaan adalah hak bagi semua bangsa.

“Kedua pekan lalu, Menteri Luar Negeri Indonesia menyampaikan hal yang sama, dan Presiden RI saat ini pada bulan Maret 2023 juga mengulang komitmen tersebut,” kata Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah V ini.

Simak Juga : Prabowo-Gibran Jalani Tes Kesehatan Bersama di RSPAD, Pose Berpegangan Tangan

Abdul Kharis menjelaskan bahwa komunitas ini sebenarnya sudah rutin melakukan lari bersama, tetapi pada kegiatan kali ini, mereka menambahkan penyematan pita hitam pada lengan para pelari dan mengundang masyarakat untuk bergabung dalam aksi olahraga ini. Kegiatan dimulai pukul 06.30 dan berakhir sekitar pukul 07.30 dengan rute lari di sekitar stadion Manahan.

Ketua Komunitas, Yunianto, berharap bahwa kegiatan ini dapat membantu mengingatkan masyarakat akan cita-cita konstitusi Indonesia.

“Kemerdekaan sejatinya adalah hak bagi semua bangsa dan penting untuk menjaga ketertiban dan perdamaian dunia. Dengan cara yang santun dan sehat, para pecinta olahraga juga dapat menunjukkan kepedulian mereka terhadap tragedi kemanusiaan ini,” ungkapnya.

Kharis dikenal dekat dengan olahraga sepeda dan lari, dan oleh karena itu, tidak ragu untuk ikut serta dalam aksi peduli ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close