BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegionalUmum

Survei SMRC: Bakal Capres Prabowo Subianto Tetap Didukung Warga Jabar Apapun Partai Politik Pendukungnya

BIMATA.ID, Jakarta- Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto tetap menjadi sosok pemimpin idaman masyarakat Jawa Barat (Jabar). Hal itu dikarenakan Prabowo Subianto banyak menuai dukungan dari masyarakat Jabar.

Menurut Pendiri SMRC Saiful Mujani, Prabowo cenderung sangat sulit dikalahkan di Jawa Barat (Jabar). Dia mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut masih menjadi bakal capres pilihan rakyat Jabar.

BACA JUGA: PSI Tersanjung Ikut Hadir Saat Demokrat Beri Dukungan Prabowo di Hambalang

Terbukti, kata Saiful, dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 lalu, Prabowo berada di posisi yang lebih sedikit jumlah partai pengusungnya. Namun, Prabowo tetap bisa mengungguli Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Jabar.

“Dalam Pemilu terakhir kemarin partai yang mendukung Prabowo lebih sedikit. Tapi pendukungnya di Jabar itu tidak ikut partainya melainkan malah ikut Pak Prabowo,” kata Saiful melalui keterangan tertulis, Minggu (17/9/2023).

Menurut dia, hal itu dikarenakan arah pilihan masyarakat Jabar cenderung tidak berpihak pada partai apa pun. Masyarakat Jabar lebih peduli kepada sosok Prabowo sebagai capres.

BACA JUGA: Gabung KIM, Viva Yoga: Pak SBY Nyaman Bersama Prabowo

“Jadi partainya boleh jadi mendukung calon A, tapi soal pilihan itu hak prerogratif saya kata orang Jabar begitu,” papar Saiful.

Dengan demikian, menurut Saiful, tidak akan ada satu partai politik yang bisa meraih suara terbanyak di Jabar selagi masih ada sosok Prabowo sebagai capres.

“Karena pengaruh Prabowo jauh lebih besar ketimbang pengaruh partai politik,” terang Saiful.

Sehingga, lanjut dia, apa pun partainya, masyarakat cenderung tidak terlalu peduli asalkan kandidat capresnya adalah Prabowo. Eksistensi Prabowo lebih kuat ke masyarakat ketimbang parpol.

BACA JUGA: Relawan Hopeng Prabowo Resmi Deklarasi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

“Masyarakat Jabar itu tidak mementingkan partainya apa dalam Pilpres, yang terpenting bagi mereka presidennya tetap Pak Prabowo,” pungkas Saiful.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close