BeritaPolitikRegional

PJ Gubernur Jateng Ingatkan ASN Tetap Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

BIMATA.ID, Jawa Tengah – Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Selama pemilu nanti, kami sudah menekankan kepada seluruh aparatur sipil negara tidak ada yang bermain politik praktis. ASN netral dalam pelaksanaan pemilu maupun pilkada yang akan kita laksanakan di tahun 2024 ini,” kata PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Senin (25/09/2023).

Mengenai hal itu, Ia meminta kepada para ASN dapat memahami bagaimana situasi politik yang berlaku saat ini untuk menghindari berbagai potensi penyimpangan.

Baca juga: Habiburokhman : Prabowo dan Koalisi Akan Bahas Khofifah Sebagai Ketua Timses

Jadi, kita harus mengetahui dan memahami bagaimana politik itu, tapi tidak ada anggota ASN yang bermain politik praktis,” katanya.

Menurutnya, pemahaman itu sangat penting bagi para ASN, terutama terkait isu hoaks yang berpotensi akan muncul selama dalam tahapan pilkada.

Maka dari itu, Nana meminta kepada ASN dapat memberikan contoh untuk masyarakat guna meredam, dan memberikan pemahaman mengenai isu hoaks yang kemungkinan beredar, maupun tindakan yang mengarah pada pelanggaran pemilu.

Lihat juga: Giliran Pedagang Pasar Deklarasi Dukung Prabowo Subianto 

“Kita berharap ke depan, saya yakin, masyarakat kita semakin pandai, semakin mengetahui dan kita harapkan dalam pelaksanaan nanti berjalan dengan baik. Kita akan jamin masalah kondusifitas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pemprov Jateng sendiri tengah bekerja sama dengan forkopimda sebagai persiapan penyelenggaraan pemilu 2024, karena setiap instansi tidak dapat bergerak sendiri.

“Pemetaan potensi konflik sudah dilakukan. Tadi juga sudah dipraktikkan oleh petugas bagaimana mengatasi konflik yang ada. Saya rasa ini kerja sama dan kolaborasi antara TNI-Polri dan pemda dalam penanganan situasi ketika menghadapi permasalahan terkait tahapan pemilu,” tandasnya.

Simak juga: Prabowo Yakin Indonesia Bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close