BeritaPendidikanRegional

Pemprov Jateng Ajak Pemkot dan Pemkab Tingkatkan Gerakan Literasi

BIMATA.ID, PEKALONGAN – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengajak Pemerintah Kota (Pemkot), serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk meningkatkan gerakan literasi dalam upaya membangkitkan semangat gemar membaca pada masyarakat.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jateng, De Francisco Da Silva Tavares mengatakan, pameran literasi yang digelar oleh Pemkot Pekalongan patut ditiru oleh Pemerintah Daerah (Pemda) lain guna membangkitkan semangat minat masyarakat untuk membaca.

“Acara seperti ini (pameran literasi, red.) memang diperlukan kerja sama antara provinsi dan kota agar bersinergi mengembangkan literasi sehingga kegemaran membaca masyarakat terus meningkat,” kata De Francisco Da Silva Tavares di Pekalongan, pada Selasa (19/09/2023).

Baca juga: Disopiri Prabowo Naik Maung, Presiden Jokowi: Mulus, yang Nyetir Juga Bagus

Menurutnya, orang yang gemar membaca akan berpengaruh terhadap tingkat kepikunannya yang lebih rendah dibandingkan mendengarkan orang lain berbicara.

Maka dari itu, Perpustakaan sebagai institusi yang mempunyai fungsi rekreasi, pendidikan, pelestarian, dan sebagainya dapat senantiasa bisa mendorong gerakan literasi.

“Kami berharap melalui kegiatan festival literasi seperti ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses bahan bacaan mereka,” jelasnya.

Lihat juga: Prabowo Makin Kuat, Jaringan Perempuan Perantau Sulawesi Siap Deklarasi

Untuk diketahui, Pemkot Pekalongan menduduki peringkat ke-6 dalam literasi di Jateng dengan capaian nilai 15,62, serta tingkat gemar membaca dengan peringkat terbaik kedua di angka 70,9.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close