BeritaEkonomiNasionalPolitikRegionalTravel

Legislator Gerindra Nilai Penataan Kawasan Wisata Dieng Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

BIMATA.ID, Dieng – Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Dieng mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 82,2 Miliar untuk penataan Kawasan Wisata Dieng yang akan dimulai pada tahun 2023 dan akan selesai pada tahun 2024. Penataan dan pembangunan infrastruktur di Kawasan Wisata Dieng ini diharapkan mampu mengubah wajah Kawasan Wisata Dieng yang baru tanpa menghilangkan nilai artistik dan potensi alam yang ada, agar lebih menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI ke Kawasan Wisata Dieng.

Dia menyampaikan bahwa Komisi V DPR RI ingin melihat secara langsung sudah sejauh mana proses penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Dieng, sekaligus menyerap aspirasi maupun masukan-masukan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

“Kehadiran Komisi V DPR RI dalam kunjungan kerja pada hari ini ingin mengetahui secara langsung dan menggali informasi sudah sejauh mana Penataan KSPN Dieng akan dilaksanakan. Kami berharap dengan adanya penataan kawasan wisata ini, akan mendorong pertumbuhan ekonomi di dua Kabupaten di Provinsi Jateng,” ungkap Andi Iwan Darmawan Aras kepada media Parlementaria, di Dieng, Jawa Tengah Senin (18/09/2023).

Baca Juga : AHY Minta Prabowo Untuk Lanjutkan Kebijakan Jokowi

“Penataan Kawasan Dieng diharapkan mampu menghadirkan para wisatawan yang lebih banyak lagi, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo,” ungkap Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Cakra Nugraha mengatakan, penataan Kawasan Wisata Dieng sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 50 Tahun 2011 terkait dengan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (Ripparnas).

“Kawasan Wisata Dieng ini merupakan bagian terintegrasi dari pengembangan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan sekitarnya Destinasi Super Pariwisata Nasional (DSPN) untuk mendukung pembangunan kepariwisataan wilayah Jawa Tengah, DIY, dan Nasional,” kata Cakra Negara.

Simak Juga : Survei SMRC: Bakal Capres Prabowo Subianto Tetap Didukung Warga Jabar Apapun Partai Politik Pendukungnya

Sementara Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto menyampaikan ucapan terima kasih, karena pada tahun 2023 ini Dieng mendapatkan alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat untuk penataan infrastruktur kawasan wisata Dieng.

“kawasan wisata Dieng memang belum bisa menyaingi Borobudur, tapi akan berusaha mengejar menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Tengah,” ujarnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close