BeritaNasionalPolitik

Head to Head Survei Polling Institute: Prabowo Unggul Selisih Hampir 10% dari Ganjar

BIMATA.ID, Jakarta — Simulasi Head to Head kandidat calon presiden yang dilakukan oleh Polling Institute mengungkap bahwa Prabowo Subianto mendapatkan perolehan lebih unggul jauh dengan 47,9% versus Ganjar Pranowo 38,3%.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim mengungkap hal itu ketika mengajukan pertanyaan kepada 1200 responden yang diperolehnya melalui pertanyaan, “Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu pilih?”.

“Simulasi dua nama yang lolos ke putaran ke dua kan Prabowo vs Ganjar. Pak Prabowo unggul keunggulannya lumayan sekitar 8-9%. Oh, 9,6% hampir 10%,” kata Kennedy.

Baca juga: Prabowo: Upaya Pembinaan Olahraga Harus Dibawa ke Arah yang Lebih Tinggi

Kemudian, Seth Soderborg Peneliti Politik Indonesia Harvard University turut membandingkan hasil survei simulasi dua nama antara Prabowo lawan Ganjar pada bulan Mei dan Juli tahun 2023, selisihnya lebih kecil hingga 4%.

“Kalau dibandingkan dengan survei lain ini dekat dengan simulasi dua nama, yang masuk lapangan bulan mei, bulan Juli ada beberapa survei lain gap nya lebih kecil 6 atau 4%. Ini seperti di bulan Mei dan Juli.” ujar Seth Soderborg.

Survei ini dilakukan pada periode 21-26 agustus 2023 dengan menggunakan Metodologi Random Digit Dialling atau pembangkitan nomor telepon secara acak.

Lihat juga: Prabowo Ungkap Cerita Keaktifan di Pencak Silat, Judo, Karate hingga Terjun Bebas

Adapun sampel yang digunakan untuk survei Polling Institute sebanyak 1200 responden dengan kisaran Margin of Error kurang lebih 2.9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close