BeritaNasionalPolitikRegional

Bawaslu Harap Generasi Muda Ikut Andil Awasi Pemilu, Puadi: Pemuda Harus Kritis

BIMATA.ID, Kepulauan Seribu – Anggota Bawaslu Puadi mengajak generasi muda ikut andil dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu dengan kritis terhadap dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi di sekitar lingkungannya.

Hal ini disampaikan oleh Puadi saat membuka Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, di Bawaslu Kepulauan Seribu, Selasa (26/9/2023).

“Sekarang kalau ada orang melakukan hoaks ataupun politik uang misalnya, anak muda harus mampu kritis memantau dan mengawasi agar di lingkungannya tidak terjadi demikian,” tegas Puadi.

Baca Juga : Ketua Demokrat Riau: Foto Prabowo Segera Terpasang pada Baliho-baliho Kader Demokrat Riau

Daya kritis tersebut ungkap Puadi, tidak cukup. Harus didukung dengan berani. Maksud Puadi, generasi muda jika menemukan terjadinya dugaan pelanggaran pemilu, harus berani melaporkannya kepada Bawaslu.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu tersebut menjelaskan tata cara dan prosedur, apabila terjadinya dugaan pelanggaran pemilu. Semisal, dapat melaporkan langsung dengan mendatangi kantor Bawaslu setempat, ataupun melalui aplikasi yang sudah disediakan Bawaslu.

Simak Juga : Jamin Kestabilan Harga Pasar dan Pupuk Bagi Petani, Jadi Alasan Papera Gunung Kidul Dukung Prabowo

“Sesuai ketentuan dalam UU Pemilu, masyarakat khususnya generasi muda yang sudah memiliki hak pilih, memiliki hak untuk dapat melaporkan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu,” ungkapnya.

Putra asli Betawi tersebut berharap, seluruh jajaran Bawaslu untuk terus menyosialisasikan pengawasan partisipatif terutama kepada generasi muda, guna meningkatkan wawasan akan pengawasan pemilu.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close