BeritaEkonomiInternasionalNasional

Zulhas Ungkap, Rusia Mitra Dagang Penting Buat ASEAN

BIMATA.ID, SEMARANG – Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI), Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Rusia merupakan mitra dagang, dan investasi penting bagi ASEAN dimana yang pada saat ini menempati peringkat kesembilan sebagai investor di kawasan Asia Tenggara untuk neraca perdagangan.

“Rusia merupakan mitra dagang yang penting bagi ASEAN, Rusia peringkat ke-9 investasi terbesar di ASEAN pada 2022, di antara mitra dialog ASEAN,” kata Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, pada saat membuka pertemuan konsultatif Menteri Ekonomi ASEAN dengan Rusia dalam rangkaian ASEAN Economic Ministers’ Meeting (AEM) Ke-55 di Semarang, Jawa Tengah, Senin (21/08/2023).

Menurutnya, blok Asia Tenggara sangat memerlukan dukungan Rusia guna memperkuat kesatuan dalam menghadapi berbagai tantangan global ke depan.

Baca juga: Deklarasi Prabowo-Budiman Bersatu, Budiman Sudjatmiko: Kuatkan Kami untuk Indonesia Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur

Selain itu, dalam pertemuan konsultasi itu, delegasi Rusia dipimpin oleh Direktur Jenderal Departemen Kerja Sama Ekonomi Multilateral, dan Proyek Khusus Kementerian Kerja Sama Ekonomi Federasi Rusia Nikita Kondratyev.

Di depan delegasi Rusia, Zulhas menyampaikan, bahwa peran ASEAN begitu penting, dan relevan.

Sehingga, Asia Tenggara dapat menjadi tempat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan untuk menciptakan arsitektur pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Lihat juga: Deklarasi Prabowo-Budiman Bersatu, Prabowo: Persatuan Nasional Harus Diwujudkan Demi Tercapainya Indonesia Emas 2045

“Pertemuan ini jadi momentum penting untuk memperkuat ekonomi ASEAN dan Rusia,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kondratyev menjelaskan omzet perdagangan ASEAN dan Rusia telah meningkat 20 persen mencapai 20 miliar dolar AS, yang merupakan tertinggi sejak 2014.

Sedangkan, pada periode Januari s/d Juni 2023, omzet perdagangan AS, dan Rusia meningkat 3,6 persen dibanding paruh pertama 2022.

Simak juga: Dukung Prabowo Presiden, Budiman Sudjatmiko: Prabowo Miliki Semangat yang Sama untuk Kedaulatan Rakyat Indonesia

“Kita perlu memperdalam dan memperluas dialog kita di sejumlah bidang utama yang harus kita fokuskan pada menjaga rantai pasokan yang stabil dan mengembangkan keberlanjutan,” kata Delegasi Rusia, Kondratyev.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close