BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Terkait Gugatan Usia Maksimal Capres, Andre Rosiade: Di Dunia Banyak yang Lebih Senior

BIMATA.ID, Jakarta- Juru Bicara Partai Gerindra Andre Rosiade berpandangan, tidak perlu ada pembatasan usia maksimum sebagai syarat maju menjadi calon Presiden (Capres) asalkan orang tersebut sehat dan mampu mengerjakan tugas. Karena, banyak Presiden di dunia yang usianya sudah senior, tapi malah membuat kebijakan yang prorakyat dan mendapatkan penghormatan dari dunia.

Ketua DPD Gerindra Sumbar itu mencontohkan, Presiden Amerika Serikat saat ini Joe Biden terpilih sebagai presiden ketika usianya sudah kepala tujuh. Begitu pula dengan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohammad yang berusia 92 saat dilantik menjadi PM untuk kedua kalinya.

BACA JUGA: Relawan Usul Gibran Jadi Pendamping Prabowo di Pilpres 2024

“Ada Joe Biden yang sudah umur 79 tahun, 80, bahkan ada perdana menteri usia 90 tahun lebih dan tidak ada pembatasan umur itu selama kandidat masih sehat dan mampu bekerja,” kata Andre yang juga anggota DPR RI asal Sumbar itu, kemarin.

Apa yang disampaikan Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra itu merespons permohonan uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK) agar ada pembatasan usia maksimum calon presiden yang dianggap menyasar kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo sendiri saat ini sudah berusia 71 tahun.

Namun, Andre Rosiade sangat menghormati adanya gugatan tersebut. Dia mengingatkan bahwa Prabowo juga punya hak untuk maju sebagai calon Presiden.

BACA JUGA: Relawan Usul Gibran Jadi Pendamping Prabowo di Pilpres 2024

“Silakan, tapi kan juga hak kosntitusi Pak Prabowo untuk maju dalam kontestasi Pilpres ini. Dan di seluruh dunia malah tidak ada pembatasan usia mana yang jadi calon Presiden atau jabatan lain,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre Rosiade menyebut, dia enggan berandai-andai mengenai anggapan bahwa uji materi tersebut sengaja diajukan untuk menjegal pencalonan Prabowo pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

“Itu sekali lagi hak para pihak lain yang ingin mencegah mencegat Pak Pabowo, ya kami hormati, apakah mumgkin karena mereka khawatir, itu silakan masyarakat menafsirkan,” kata Andre Rosiade.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru PWS: Prabowo Belum Tergoyahkan di Puncak Survei

Diketahui, dengan gugatan syarat usia maksimum Capres digugat yaitu 70 tahun,bakal calon presiden Partai Gerindra, Golkar, PKB, dan PAN, Prabowo Subianto, berpotensi gagal maju capres, jika rentetan uji materi atas syarat pengajuan calon presiden dan wakil presiden ke MK beberapa hari terakhir ini dikabulkan majelis hakim kelak.

Sedikitnya ada tiga permohonan yang diajukan dengan lima pokok perkara. Ketiganya belum mendapatkan nomor perkara sejauh ini. Tiga permohonan itu dilayangkan kubu yang terdiri dari 98 advokat dan seorang advokat dari Jawa Timur Rudy Hartono pada Jumat (18/8/2023) serta anggota Seknas Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Gulfino Guevaratto pada Senin (21/8/2023).

BACA JUGA: PWS: Prabowo Terus Unggul dalam Survei, Apa Rahasianya?

Benang merah dari tiga permohonan itu adalah gugatan agar MK membatasi usia maksimum Capres-Cawapres yang tidak diatur di dalam Pasal 169 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu).

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close