BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Prabowo Dinilai Lebih Menggaransi Masa Depan Anak Jokowi, PDIP Bisa Kehilangan Dukungan PSI

BIMATA.ID, Jakarta- Dukungan kepada calon presiden (capres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, diperkirakan akan beralih ke Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang merupakan capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Dekan FISIP Unpam Serang, Yusak Farchan menganalisis, dukungan sejumlah parpol yang awalnya diisukan merapat ke koalisi PDIP akan batal.

ABCA JUGA: Prabowo Diserbu Parpol, Anies Potensi Defisit Dukungan dan Ganjar Merugi

Sebagai contoh, PSI sebagai parpol yang mendukung karier politik anak Presiden Joko Widodo juga memungkinkan merapat ke Prabowo.

Menurutnya, kedatangan elite PSI dalam acara Milad ke-25 PBB, yang di dalamnya juga mengumumkan dukungan kepada Prabowo, adalah salah satu tandanya.

“Meskipun PSI sudah menyatakan mendukung Ganjar, tetapi sikap politik PSI masih bisa berubah, menunggu arahan Jokowi,” ujar Yusak, Senin (31/07/2023).

BACA JUGA: Prabowo Diserbu Parpol, Anies Potensi Defisit Dukungan dan Ganjar Merugi

Founder Citra Institute tersebut menuturkan, peralihan PSI ke gerbong koalisi Prabowo sangat mungkin terjadi, mengingat Jokowi tengah dekat dengan Menteri Pertahanan itu.

Selain itu, Yusak juga mengamati dukungan Jokowi ke Prabowo tampak semakin menguat.

“Jika Gerindra mampu menjadi partai terdepan dalam menggaransi masa depan politik anak-anak Jokowi, saya kira PSI akan melabuhkan dukungannya kepada Prabowo,” demikian Yusak.

BACA JUGA: Aktivis 98 Deklarasi Relawan Persatuan Nasional Dukung Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close