BeritaPolitik

Nasdem Beri Peringatan Kepada Anies Untuk Tidak Pilih Cawapres Dari Kader Partai

BIMATA.ID, Jakarta – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memberikan peringatan kepada capresnya, Anies Baswedan, soal pemilihan cawapres untuk Pilpres 2024.

 Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali berharap agar Anies memilih cawapres jangan dilihat karena bagian dari kader partai, melainkan sesuai tiga kriteria yang sudah ditetapkan. 

“Kalau kita baca piagam deklarasi Koalisi Perubahan di dalam poin 3 itu sangat jelas bahwa Mas Anies diberikan mandat untuk mencari dan memilih cawapresnya,” kata Ali, dikutip dari tvonenews, Selasa (01/08/2023).

Baca Juga : ‘Sidak’ Mobil Raffi Ahmad, Prabowo Langsung Fokus ke Barang Ini

Dia mengungkapkan, tiga kriteria cawapres yang bisa Anies pilih, yakni bisa membantu proses kemenangan, menjaga stabilitas koalisi dan bisa membantu untuk membuat proses pemerintahan berjalan efektif. 

“Artinya, cawapres ini bisa mengisi ruang-ruang kosong di wilayah mana dukungan terhadap Anies yang tidak maksimal. Menjadikan koalisi stabil, tentu tidak boleh standar ganda dan lebih berpihak kepada salah satu partai,” ujarnya.

“Ketika Anies sudah memilih Si Fulan untuk menjadi cawapres, maka Anies harus mampu menjelaskan kepada partai koalisi. Anies harus menjelaskan dengan pendekatan saintifik, indikator-indikator ilmiah,” lanjutnya.

Ali menjelaskan, pemilihan capres sesuai tiga kriteria itu bertujuan untuk pemenangan, bukan hanya sekedar agar Anies bisa maju capres. 

“Seseorang dipilih sebagai cawapres bukan pertimbangannya karena mempunyai partai, bukan pertimbanganya Anies bisa maju saja,” jelasnya.

Menurutnya, jika pertimbangannya karena kader partai maka khawatir partai tersebut akan menarik dukungan jika kadernya tidak dipilih sebagai cawapres.

“Maka itu pengingkaran terhadap komitmen koalisi karena sejak awal koalisi ini sudah disepakati setara. Tidak ada ketua kelasnya,” pungasknya.

Simak Juga : Bolone Mase Dukung Prabowo, Gibran: Tidak Ada Manuver dari Saya

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close