BeritaHukumNasional

Korban Istaka Karya Dukung Langkah Erick, Lelang Aset Perusahaan Buat Bayar Hutang

BIMATA.ID, JAKARTA – Persatuan Korban Istaka Karya menanggapi pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang menyatakan akan mengupayakan menyelesaikan persoalan utang PT Istaka Karya dengan melakukan lelang aset jaminan perusahaan tersebut.

Menurut Bambang Susilo, hal tersebut memang harus dilakukan Kementerian BUMN untuk mengembalikan uang semua pihak yang dirugikan perusahaan.

“Misalnya suatu badan usaha masih punya hutang, terus dia masih punya aset untuk dijual kembali dan membayar, itu sudah skema umum,” ujar Ketua Perkobil Bambang Susilo saat dihubungi Rabu, (02/08/2023).

Baca juga: Relawan 08 Siap Menangkan Prabowo di Jateng

Diketahui, utang Istaka Karya kepada kontraktor, sub kontraktor maupun UMKM yang tergabung mencapai Rp 1,1 triliun. Lebih lanjut, Bambang menuturkan aset BUMN merupakan aset negara dan begitu pula dengan utang.

“Utang itu juga utang negara. Jadi, apapun permasalahannya ini utang negara dan wajib dibayar oleh pemerintahan siapapun yang berkuasa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya diberitakan bahwa Kementerian BUMN tengah menyiapkan solusi untuk menyelesaikan masalah utang Istaka Karya. Salah satunya dengan melelang aset jaminan utang melalui Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA).

Lihat juga: Gerindra Masih Tunggu Partai yang Gelar Pertemuan di Bali Merapat ke Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close