BeritaEkonomiNasional

Kementerian ESDM Gelar Lomba Jurnalistik

BIMATA.ID, Jakarta- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengadakan Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2021. Gelaran kompetisi dengan total hadiah Rp 50 juta ini bisa diikuti oleh jurnalis cetak maupun online.

Mengusung tema ‘Energi Bangkitkan Negeri’, Kementerian ESDM mengajak semua wartawan di Indonesia turut serta berkontribusi memajukan sektor energi dan sumber daya mineral.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menjelaskan, pemilihan tema tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memonitor efektivitas kebijakan dan gambaran umum sektor energi dan sumber daya mineral secara apik, riil, dan faktual selama setahun terakhir, terutama penyediaan energi di masa pandemi.

“Ini bisa menjadi dasar kami dalam meningkatkan ketahanan energi dari sisi ketersediaan (availability), keterjangkauan(affordability), aksesibilitas (accessibility), penerimaan (acceptability), dan keberlanjutan (sustainability),” kata Agung dalam keterangan tertulis, Jumat (02/07/2021).

Menurut Agung, media dan jurnalis memiliki peran strategis termasuk menjadi medium komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Apalagi, media juga menjalankan fungsi pengawasan hingga melakukan misi sosialisasi untuk edukasi masyarakat.

“Dari kompetisi ini, kami berharap obyektif peran media dan jurnalis terhadap kebijakan pemerintah di mata masyarakat. Tentu, (kompetisi) ini jadi bentuk apresiasi kami bagi mereka yang terus mendukung program pemerintah,” ujar Agung.

Hasil karya dalam Lomba Karya Jurnalistik ini merupakan karya orisinil yang keasliannya dapat dipertanggungjawabkan, bukan saduran/terjemahan, tidak mengandung unsur SARA, tidak tergolong advertorial komersil, dan belum pernah memenangkan lomba sejenis.

Karya terbaik akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 15 juta bagi juara I, juara II mengantongi Rp 10 juta, juara III Rp 5 juta, dan masing-masing 10 finalis terbaik mengantongi uang Rp2 juta.

“Keputusan pemenang dari panitia dan juri bersifat mutlak. Tidak dapat diganggu gugat,” tutur Agung.

Bagi jurnalis yang berminat, Kementerian ESDM telah menentukan batas akhir pengiriman karya tulis pada 31 Agustus 2021 Pukul 23.59 WIB. Selain itu, tulisan pernah dimuat di media masing-masing dalam kurun waktu 1 September 2020 sampai dengan 31 Agustus 2021.

“Ketentuan khusus dan persyaratan lainnya dapat diakses melalui bit.ly/LKJBangkitkanNegeri2021,” ungkap Agung.

Pengumuman pemenang lomba karya jurnalistik rencananya akan disampaikan pada Penganugerahan Penghargaan Subroto, penghargaan tertinggi bagi para stakeholder sektor ESDM di Indonesia, pada tanggal 28 September nanti, bertepatan dengan peringatan Hari Pertambangan dan Energi.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close