BeritaEkonomiNasionalPeristiwaPolitikUmum

Kekayaan Adik Prabowo Pernah Masuk 50 Orang Terkaya di Indonesia

BIMATA.ID, JAKARTA – Hashim Djojohadikusumo alias Hashim begitulah sapaan akrab pria kelahiran Jakarta 1 Januari 1953 ini menyelesaikan pendidikan SMA di Singapura.

Ia melanjutkan pendidikan tingginya di bidang ilmu politik di Amerika Serikat, setelah menyelesaikan studinya ia menjadi analis keuangan di bank investasi di Perancis.

BACA JUGA: Survei Y-Publica: Gerindra Kecipratan Elektabilitas Prabowo, Mimpi PDIP Terancam

Dan selepas dari situ barulah cucu dari pendiri Bank BNI mulai memasuki dunia bisnisnya dengan menjadi direktur di Indoconsult.

2 tahun menangani perusahaan yang terjun di bidang konsultan manajemen ia kemudian mendirikan PT Era Persada.

Lewat tangan dinginnya perusahaan pertamanya ini mengalami perkembangan bisnis yang sangat pesat.

Ditambah lagi ya juga telah berhasil menjadi komisaris hingga presiden direktur di beberapa perusahaan yang dikelolanya.

BACA JUGA: Bukan Prabowo yang Paling Tua, Ini Sejarah Usia Capres & Cawapres RI

Salah satu tingkat keberhasilannya ketiga berhasil mengakuisisi PT Semen Cibinong lewat perusahaannya bernama PT Tirtamas Majutama.

Perusahaan yang bergerak di sektor sumberdaya manufaktur dan Perdagangan, belum puas atas hasil tersebut Hashim kembali melebarkan sayap dengan menanamkan beberapa saham miliknya di Bank Niaga dan bank kredit Asia.

Namun sayang di tahun 2002 Ia harus rela merasakan dingin lantai hotel prodeo karena diduga melanggar bantuan likuiditas Bank Indonesia yang dikucurkan ke grupnya sendiri.

Selepas masa hukuman tersebut bersama Prabowo Subianto, Hashyim kembali bangkit setelah keberhasilannya membeli pabrik kiani kertas di Kalimantan Timur.

BACA JUGA: Prabowo Saksikan Penandatanganan Pembelian 24 Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk Baru di AS

Perusahaan yang sebelumnya dimiliki oleh Bob Hasan, beberapa bisnis lain yang bergerak di sektor Batubara, Migas hingga sawit bahkan selepas penahanannya ia sempat menetap di Inggris dan dikabarkan mendirikan usaha juga disana.

Gurita bisnis yang berhasil dibangun di bawah nama Arsari group saat ini ga mengherankan kalau di tahun 2019 Forbes merilis harta kekayaan yang ditaksir mencapai Rp11 Triliun lebih.

Sedikit turun dengan apa yang berhasil dikumpulkan di tahun 2018 yang mencapai Rp12,3 Triliun.

Namun angka tersebut tentu melebihi dari kepemilikan sang kakak Prabowo Subianto yang mencapai Rp2 triliun saat ini.

Dengan jumlah kekayaan sebanyak itu namanya pun tercatat dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Diketahui juga ia menjadi pendonor dana segar bagi kepentingan politik kakaknya, mulai dari pendirian partai, Pilkada jingga saat Prabowo maju sebagai calon Presiden.

BACA JUGA: Jadwal BEM UI, Terkait Debat Capres Antara Prabowo, Ganjar dan Anies

Ketika itu walaupun punya duit yang sangat menggiurkan mengenai informasi koleksi kendaraan Wakil Ketua Dewan Pembina partai Gerindra ini sangat minim.

Dan hanya punya satu unit bocoran mengenai kendaraan, mobil yang dikabarkan adalah Lexus LX 570 keluaran tahun 2016 yang dimana harganya dikabarkan mencapai Rp3 miliar lebih.

Mobil ini sendiri terdaftar dalam unit kendaraan PT Tidar Kerinci Agung yang juga masuk dalam perusahaan milik pribadinya.

Namun belum diketahui apa sajakah kendaraan mewah yang dimilikinya, mengingat sang kakak Prabowo Subianto miliki jet pribadi ditaksir mencapai Rp375 miliar.

Tentu itu bukan menjadi barang mahal di kehidupannya bukan, ia juga pernah dikaitkan dengan kepemilikan lahan di wilayah Penajam Paser Utara yang digadang-gadang sebagai daerah ibukota baru nantinya.

Meski demikian mengenai hal tersebut Menteri Agraria dan tata ruang Sofyan Djalil menepis kabar tersebut.

Karena lahan itu merupakan hutan tanaman industri yang dimiliki oleh negara akan tetapi boleh jadi Hashim memang punya lahan di lokasi tersebut.

BACA JUGA: Habiburokhman: Prabowo Siap Penuhi Undangan Debat BEM UI

Hal itu diperkuat ketika Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan perusahaan air bersih miliknya yang berada di wilayah Kalimantan Timur nantinya diproyeksikan bakal menjadi penyuplai kebutuhan air warga ibukota baru ketua.

Ia juga diketahui sebagai seorang kolektor barang-barang antik hal itu bisa diketahui ketika ia membeli alam buah Arca salah satunya adalah arca Mahakala dari kurator di London yang total yaitu $290 ribu atau sekitar Rp3 miliar di sekitar tahun 2007.

BACA JUGA: Gerindra Tuding Ada yang Ingin Jegal Prabowo di Pilpres 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close