BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Bukan Prabowo yang Paling Tua, Ini Sejarah Usia Capres & Cawapres RI

BIMATA.ID, Jakarta- Menjelang tahun pemilu yang sudah semakin dekat malah muncul suatu gugatan terkait batas usia calon presiden dan wakil presiden tidak boleh melebihi 70 tahun.

Gugatan tersebut dilayangkan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melakukan uji materi pasal 169 huruf q Pemilu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Permohonan ini diklaim bukan untuk menghalangi capres tertentu, tetapi dimaksudkan untuk menyamakan usia maksimal presiden dengan pejabat publik lain-nya.

BACA JUGA: Komitmen Prabowo Dalam Menjaga Kedamaian Saat Pilpres Sejalan Dengan Harapan Rakyat

Kendati begitu, ada satu nama dari capres 2024 yang tahun ini usia-nya sudah memasuki 71 tahun, yakni Prabowo Subianto, kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

Apabila melihat secara historis, sebenarnya ada dua nama yang sudah lewat usia 70 tahun tetapi pada saat tahun pemilu masih bisa mencalonkan diri. Pada 2014 lalu, Jusuf Kalla mencalonkan diri sebagai wakil presiden, saat itu Beliau sudah berusia 71 tahun.

Menariknya, walaupun usia Jusuf Kalla saat itu menjadi yang tertua tetapi beliau berpasangan dengan Jokowi yang merupakan calon presiden termuda RI sepanjang sejarah, pada waktu itu Jokowi berusia 53 tahun.

BACA JUGA: Yenny Wahid Berencana Akan Bertemu Dengan Prabowo

Kemudian, pada pemilu 2019 cawapres yang berpasangan dengan Jokowi usianya sudah di atas 70 tahun lagi. Beliau adalah Ma’ruf Amin yang merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga 2020 lalu.

Di sisi lain, secara historis untuk predikat Termuda yang pernah mencalonkan diri sebagai wakil presiden ada Sandiaga Uno. Pada pemilu 2019 lalu beliau berusia 49 tahun. Waktu itu, mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut berpasangan dengan calon presiden Prabowo Subianto.

Jika dilihat dari capres nya saja maka Joko Widodo (Jokowi) tercatat sebagai capres termuda sementara Sandiaga Uno adalah cawapres termuda. Pada saat mendaftarkan diri sebagai capres pada 2014, Jokowi baru berusia 53 tahun sementara Sandiaga baru berusia 49 tahun saat maju sebagai cawapres pada pilpres 2019.

Sebaliknya, Jusuf Kalla adalah capres tertua dan Ma’ruf Amin adalah cawapres tertua.

BACA JUGA: Prabowo Saksikan Penandatanganan Pembelian 24 Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk Baru di AS

Jusuf Kalla atau JK berusia 72 tahun saat maju di pilpres 2019 sementara Ma’ruf Amin berusia 76 pada pilpres 2019. Namun, rekor JK akan dilewati jika Prabowo maju pilpres 20124 karena pada saat itu Prabowo akan berusia 73 tahun.

Predikat Tertua disabet Jusuf Kalla pada tiga kali pemilu beruntun yaitu 2004, 2009, dan 2014. Beliau sempat mencalonkan diri menjadi presiden pada 2009 lalu, tetapi yang terpilih pada dua kali pemilu 2004 dan 2014 menjadi wakil presiden menemani SBY dan Jokowi.

Setelah dua kali menjabat, pada pemilu selanjutnya 2019 yang tertua bergeser ke Ma’ruf Amin. Selanjutnya, pada 2024 mendatang apabila Prabowo bisa maju menjadi calon presiden di tengah huru-hara gugatan batas usia, bisa dipastikan Ketua Partai Gerindra ini bakal menyabet posisi capres tertua.

BACA JUGA: Resmikan Posko, DPC Jakarta Barat Siap Galang Dukungan Pedagang untuk Prabowo Presiden

Sementara itu, dua nama lain yang mencalonkan diri sebagai Presiden 2024 ada Ganjar Pranowo saat ini usianya sudah memasuki 55 tahun, sedangkan Anies Baswedan tahun ini berusia 54 tahun.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close