BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Elektabilitas Prabowo di atas Ganjar, Gerindra: Tinggal Kita Jaga, Jangan “Blunder”

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, jajaran partainya diwanti-wanti oleh Ketua Umum Prabowo Subianto agar tidak jumawa meski elektabilitas Prabowo terpaut 10 persen di atas bakal calon presiden (bacapres) PDI-P, Ganjar Pranowo dalam survei LSI Denny JA terkini.

“Tentu ini angin segar bagi kami, tetapi kami diwanti-wanti langsung oleh Pak Prabowo, jangan kita tinggi hati, jangan kita puas diri menghadapi hasil survei ini,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

BACA JUGA: Strategi Tidak Menyerang Membuat Elektabilitas Prabowo Terus Naik

Apalagi, menurut Habiburokhman, tingginya elektabilitas Prabowo berupa hasil survei, bukan hasil penghitungan suara Pemilu 2024. Oleh sebab itu, ia mendorong semua kader Gerindra menjaga torehan positif elektabilitas Prabowo hingga pemungutan suara 14 Februari 2024.

“Situasinya sudah baik, kalau kaya sepakbola itu kan kita 45 menit sudah menang, 2-0, 3-0. Tinggal kita jaga, jangan bikin blunder, jangan bikin masalah, sehingga bisa kebobolan balik,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR ini.

Lebih jauh, Habiburokhman juga ditanya bagaimana partainya melihat peluang Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang merupakan rekan koalisinya sebagai calon wakil presiden (cawapres).

BACA JUGA: Gerindra Masih Tunggu Partai yang Gelar Pertemuan di Bali Merapat ke Prabowo

Menurut dia, jajaran Gerindra menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo dan Muhaimin sebagai penerima mandat mengumumkan pasangan calon (paslon) Pilpres 2024.

“Gerindra dipastikan akan memperlakukan semua sahabat dan mitra koalisinya dengan baik. Apalagi PKB dan Gus Muhaimin Iskandar kami pastikan kami akan selalu menghormati dan memuliakan mereka, memberikan posisi yang terbaik, paling terhormat,” ujar Habiburokhman.

Diberitakan sebelumnya, hasil survei LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto kembali unggul jika head to head atau berhadapan dengan Ganjar Pranowo. Dalam survei yang dilakukan 3-15 Juli 2023, Ketua Umum Partai Gerindra itu memperoleh elektabilitas sebesar 52 persen, sedangkan Ganjar 41,6 persen.

BACA JUGA: Relawan 08 Siap Menangkan Prabowo di Jateng

“Hasilnya head to head antara Prabowo dengan Ganjar. Prabowo di angka 52 persen versus Ganjar di angka 41,6 persen, yang menyatakan tidak tahu, tidak menjawab atau rahasia, sekitar 6,4 persen,” kata Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, dalam rilis survei secara online, Senin (31/7/2023).

Hanggoro kemudian menjelaskan bahwa elektabilitas kedua tokoh bacapres itu berubah tiap periode survei. Pada survei Januari misalnya, elektabilitas Prabowo dikalahkan oleh Ganjar. Elektabilitas Prabowo saat itu 38,5 persen, sedangkan Ganjar 43,1 persen.

BACAQ JUGA: Tiba di Jakarta, Prabowo Jemput Langsung Pangeran Khalid bin Salman dari Arab Saudi

“Kemudian pada bulan Mei, Juni hingga Juli secara konsisten Prabowo mengungguli Ganjar,” ujar dia. “Bahkan kalau kita lihat trennya semakin meningkat, gap-nya pun juga semakin lebar ya,” kata dia.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close