BeritaHeadlineNasionalOpiniPolitikUmum

Wapres Ma’ruf Amin Beri Pembekalan Capaja TNI-Polri

BIMATA.ID JAKARTA Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menghadiri acara acara Pembekalan Kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri Tahun 2023, di Balai Sudirman, Jakarta (21/07/2023).

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat atas kelulusan yang diraih para capaja. wapres juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang tak dapat hadir dalam acara tersebut.

Selain itu Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan agar para calon perwira remaja (Capaja) terus mengasah kompetensi, kemampuan, dan meningkatkan kualitas diri serta daya saing guna menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang.

“Kepada para capaja, saya pesankan untuk terus asah kompetensi dan kemampuan.
Tingkatkan kualitas diri dan daya saing untuk sigap menghadapi berbagai tantangan seiring dengan perkembangan zaman,” kata Wapres.

“Saya juga berpesan agar para capaja tidak pernah berhenti dalam menjaga nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Tribrata, dan Catur Prasetya Polri, serta mengabdi untuk Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” Sambungnya.

Wapres mengatakan pendidikan yang telah ditempuh para taruna merupakan aspek krusial lahirnya pemimpin masa depan. Calon perwira, kata Ma’ruf, diharapkan menjadi pemimpin yang dapat diteladani, tangguh dan menjunjung tinggi integritas, serta profesional dan amanah dalam melaksanakan tugasnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Semuanya mengerucut pada tekad untuk membangun institusi TNI dan Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan, menegakkan hukum, memberi perlindungan, dan mengayomi masyarakat dengan selalu menjunjung tinggi hak asasi manusia,” harap Ma’ruf.

Lebih lanjut, Wapres berpesan agar para Capaja dapat terus bersikap kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap fenomena-fenomena supremasi hukum yang semakin kompleks, serta mengatasi masalah globalisasi informasi yang menuntut negara untuk terus meningkatkan ketahanan dan keamanan nasional.

“Ancaman global yang bersifat soft power juga perlu diwaspadai, seperti isu hak asasi manusia, isu ideologi dan ketimpangan global, perubahan iklim, dan kejahatan siber yang akan mempengaruhi konteks global, termasuk Indonesia,” jelasnya.

Wapres meyakini bahwa para Capaja memiliki potensi untuk menjadi ujung tombak dalam menjaga keamanan dalam negeri, dengan terus menjaga komitmen, mengasah kecakapan diri, serta menjalankan tugas kepemimpinan dengan baik, di mana pun mereka ditempatkan.

Pada acara itu hadir pula Menko Polhukam Mahfud Md, Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, dan Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close