BeritaNasionalPolitik

Penilaian Netizen Soal Sosok Prabowo Jelang Pilpres 2024

BIMATA.ID, Bandung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut sudah mengarahkan dukungan ke satu nama bakal capres 2024. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang juga merupakan Wali Kota Solo.

Arah dukungan Jokowi untuk Pilpres 2024 memang sedang ramai ditebak-tebak oleh banyak pihak, termasuk soal dukungan Jokowi terhadap salah satu capres yakni Prabowo Subianto yang membuat nama Ketua Umum Partai Gerindra itu selalu tinggi dalam hasil beberapa survei.

BACA JUGA: Raih 5 Kali WTP, Prabowo Sampaikan Apresiasi

Bigdata Jayabaya mencoba melakukan monitoring data dengan konfigurasi event engine ‘Perbincangan Publik Tentang Prabowo Subianto’. Tujuannya untuk mengetahui kenapa survei Prabowo selalu tinggi hingga faktor-faktor yang mempengaruhinya.

CEO ASR Bigdata Jayabaya Gumilar Satriawan mengatakan, lewat monitoring data ini, pihaknya memasang beberapa subjek yang berkaitan dengan topik pembicaraan di media sosial seperti kepemimpinan tegas dan berani, dukungan Jokowi hingga Menteri yang berprestasi.

“Terdapat 13 variable subjek yang kami pasang sebagai referensi, topik mana yang sering dibicarakan publik tentang seorang tokoh Prabowo Subianto,” kata Gumilar, Jumat (28/7/2023).

BACA JUGA: Gibran Ungkap Kalau Ayahnya Sudah Tentukan Sikap Dukungan Pemilu 2024, PKB Yakin Dukungan Itu Untuk Prabowo

Untuk menarik data, Bigdata Jayabaya menggunakan sumber yang berasal dari Twitter, Facebook, Instagram, Youtube dan online news dalam kurun waktu penggalian data (datamining) tahun 2023.

“Adapun penarikan data sendiri dimulai sejak 1 Januari hingga 28 Juli 2023 dengan jumlah postingan sebanyak 24.184 dan pengguna media sosial sebanyak 21.295,” ujar Gumilar.

Adapun hasilnya, Prabowo dianggap sebagai pemimpin tegas dan berani dengan 32%, mendapat dukungan Jokowi 20,3%, Menteri yang berprestasi 9,9%, tulus dan ikhlas 8,6%, karakter 5,8%, ketaatan beragama 4,6%, kecakapan dalam memimpin 3,7%.

Kemudian pemersatu elemen bangsa 3,5%, pemberantasan korupsi 34%, penilaian terhadap HAM 2,9%, kelanjutan pembangunan IKN 2,8%, kecintaan terhadap rakyat 1,6% dan memajukan ekonomi 0,9%.

BACA JUGA: 10 Tahun Jadi Rival Politik, Prabowo Puji Kinerja Presiden Jokowi

“Dari hasil grab bigdata terlihat publik netizen banyak berbicara Prabowo Subianto tentang kepemimpinan tegas dan berani dengan prosentase 32%, sedangkan pembicaraan tentang dukungan Jokowi adalah sebesar 20,3%,” ujar Gumilar.

Menurutnya, data tersebut akan selalu terus berubah dari hari ke hari seiring dengan persepsi publik terhadap sosok Prabowo yang dituangkan dalam berita maupun postingan di media sosial.

BACA JUGA: Panda Nababan: Apa Ruginya Kalau Jokowi ajak Prabowo Kemana – Mana ?

“Bigdata ini terus berjalan dan bisa menjadi mungkin angka-angka tersebut akan berubah seiring dengan opini dan persepsi publik yang dituangkan dalam berita maupun dalam postingan dan komentar-komentar di media sosial,” pungkasnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close