BeritaPolitik

PAN Buka Suara Soal Pilpres 2024, Akan Dukung Prabowo Subianto?

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan, hingga saat ini partainya belum menentukan arah soal dukungan terhadap capres di 2024. 

Viva menyebut masih menunggu keputusan Ketum Zulkifli Hasan.

“PAN saat ini belum menetapkan secara resmi nama calon presiden atau calon wapres di pilpres 2024. Sesuai hasil Rakernas PAN tahun 2020 yang telah memberikan mandat kepada ketua umum PAN Zulkifli Hasan untuk menentukan langkah strategis dalam penetapan paslon yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” kata Viva, dikutip dari detiknews, Selasa (04/07/2023).

Viva menjelaskan, PAN dekat dengan Prabowo dan Gerindra, dirinya menyinggung kebersamaan PAN dengan Gerindra di dua kali pilpres.

Baca Juga : Prabowo Subianto Masuk Tim Bubur Diaduk, Netizen: Auto All In Prabowo

Bagi PAN, Pak Prabowo dan Gerindra dekat dengan PAN. Pernah berkoalisi dua kali di pilpres 2014 dan 2019. Namun dua kali tidak berhasil,” jelasnya.

Viva menambahkan, yang pasti PAN akan berkoalisi dengan partai pemerintah. Demi melanjutkan program pembangunan nasional.

‘’Untuk saat ini pertimbangan PAN dalam menentukan kerjasama politik atau koalisi di pilpres 2024 adalah pertama, PAN akan berkoalisi dengan partai pemerintah dalam rangka melanjutkan program pembangunan nasional saat ini,” sambungannya.

Namun, PAN menyebut pihaknya tidak mau kalah ketiga kalinya, dirinya berharap akan bergabung ke koalisi yang memenangi pilpres.

“PAN juga memotret realitas sosial tentang preferensi pemilih di pilpres sehingga dapat menganalisis lebih akurat lagi,” ujarnya.

Untuk langkah ke depan, PAN akan berdiskusi dengan Golkar menetapkan nama calon presiden, dia meminta publik untuk bersabar.

“Ketiga, PAN akan berdiskusi dengan Golkar yang belum juga menetapkan secara resmi nama calon. PAN berkeinginan agar seiring sejalan, satu pilihan dan satu perjuangan dengan Golkar di pilpres 2024 ini,” imbuhnya.

Simak Juga : Survei LSJ: Masyarakat Yakin Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres Ketimbang Ganjar

Andre Rosiade sebelumnya mengungkapkan akan ada sejumlah partai politik (parpol) bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024.

Andre mengatakan, parpol-parpol tersebut akan bergabung bulan ini.

“Insyaallah, ada beberapa partai yang insyaallah bulan Juli ini akan bergabung dengan kita. Baik non parlemen maupun insyaallah parlemen,” kata Andre usai nonton bareng ‘Kejar Mimpi Gaspol!’ di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (2/7) malam.

Andre tidak memerinci parpol mana saja yang akan bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), menurutnya, parpol-parpol tersebut sudah menyatakan komitmennya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close