BeritaNasional

Ketua KPU Lantik 125 Anggota KPUD Dari Setiap Kota/Kabupaten di 5 Provinsi

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik 125 anggota KPU daerah dari 25 kota/kabupaten di 5 provinsi, anggota KPU kabupaten/kota yang dilantik bertugas untuk periode 2023-2028.

Pelantikan digelar di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/07/2023), pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Dalam sambutannya, Hasyim mengingatkan anggota KPUD untuk membaca peraturan terkait kepemiluan. 

Baca Juga : Prabowo Kendarai Maung Bareng Jokowi, Iriana dan Erick, Pengamat: Kebersamaan yang Penuh Makna

Dia mengatakan, jika berpegangan pada aturan yang ada, KPU tidak akan goyah dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Jadi kalau kita semua berpegangan dalam bekerja, sebagai anggota KPU berpegangan kepada segenap aturan yang mengatur penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada dan juga kode etik penyelenggara Pemilu, InsyaAllah kita ini tidak akan goyah dalam menyelenggarakan Pemilu dan kita yakin mantap dalam menyelenggarakan Pemilu maupun Pilkada,” kata Hasyim, dikutip dari detiknews, Rabu (26/07/2023).

Hasyim juga mewanti-wanti anggota KPUD yang baru bahwa hari pemungutan suara yang semakin dekat.

Dia meminta mereka untuk segera menyesuaikan ritme bekerja.

“Karena dalam kepemiluan, dalam pilkada KPU adalah pusat kepemiluan, maka persiapkan diri sebaik-baiknya, baik pribadi maupun kelembagaan, untuk meyakinkan kepada semua pihak bahwa KPU ini siap, KPU ini pantas atau layak menjadi pusat kepemiluan,” ucapnya.

“Segala macam data dokumen harus diketahui, harus dipelajari, bagaimana menyimpan, bagaimana mengarsipkan dan seterusnya,” sambungnya.

Total anggota yang dilantik hari ini sebanyak 125, yang berasal dari 25 Kabupaten/Kota di 5 Provinsi, provinsi Sulawesi Selatan, di antaranya Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Takalar.

Simak Juga : Soal Sarapan Bareng Ganjar,Erick dan Gibran, Prabowo : Penuh Canda dan Gembira

Provinsi Sulawesi Tengah, di antaranya, Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Buol, Kota Palu, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Tolitoli.

Provinsi Sumatera Barat, diantaranya, Kota Sawahlunto. Provinsi Papua Barat, di antaranya, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama.

Provinsi Papua Barat Daya, di antaranya, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Tambrauw, Kota Sorong.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close