BeritaPolitik

Di isukan Akan Gantikan Airlangga Sebagai Ketum Golkar, Luhut : Kita Lihat Saja

BIMATA.ID, Jakarta –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Kemaritiman) Luhut Binsar Pandjaitan, enggan berkomentar banyak soal wacana dirinya menjadi Ketua Umum Golkar, menggantikan Airlangga Hartarto. 

“Kita lihat saja lah. Saya enggak terlalu ngurusin itu kok,” kata Luhut, dikutip dari tempo, Selasa (25/07/2023).

Wacana pergantian Ketua Umum Golkar muncul usai politisi Partai Golkar Yorrys Raweyai bertemu Luhut pada Jumat sore, 7 Juli 2023.

“Pak Luhut melihat berbagai masalah di Golkar sejak Airlangga memimpin pada 2017,” kata Yorrys di Pacific Place, Jakarta, Selasa (25/07).

Baca Juga : Soal Sarapan Bareng Ganjar,Erick dan Gibran, Prabowo : Penuh Canda dan Gembira

Dia memberikan contoh, pada Pemilu 2019, perolehan kursi Golkar di DPR susut 6 menjadi 85 bangku, jumlah kepala daerah juga turun.

Yorrys bercerita, dalam pertemuan itu, Luhut banyak memberi arahan khusus mengenai Golkar, termasuk wacana menggantikan posisi Airlangga. 

“Pak Luhut minta Airlangga diganti,” ujarnya.

Sejumlah sumber di lingkup internal Golkar juga bercerita bahwa di partai mereka mulai ada operasi pengambilalihan kursi ketua umum, sebelum Rapimnas Golkar digelar pada 4-6 Juni lalu, Luhut disebut-sebut mengundang puluhan pengurus DPP ke rumahnya untuk menggalang dukungan.

“Kami mendengar ada upaya itu di teman-teman DPR. Tapi belum ada yang berani bicara terbuka,” kata Wakil Ketua DPD Golkar DIY, John S. Keban, Kamis, 20 Juli 2023.

Simak Juga : Warga Kota Malang Doakan Prabowo Agar Kelak Pimpin Indonesia

Menurut sejumlah politikus Golkar, para pendukung Luhut juga bermanuver mengegolkan jagoannya, beberapa diantaranya bekas Sekjen Golkar Idrus Marham dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. 

Mengetahui namanya masuk dalam radar tersebut, Bahlil hanya merespons santai dan singkat. 

“Biasa itu biasa, nanti ya, nanti (direspon lagi),” ujar Bahlil di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Juli 2023.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close