BeritaPolitikRegionalTravelUmum

Andi Iwan Darmawan Dukung Kembalinya Fungsi Kawasan Gunung Kemukus Sebagai Destinasi Wisata Religi

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik (Kunspek) ke Kabupaten Sragen untuk melihat secara langsung penataan kawasan Wisata Gunung Kemukus. Kunjungan ini bertujuan menyerap aspirasi dan masukan-masukan dari Pemerintah Daerah yang berkaitan dengan infrastruktur maupun transportasi di Kabupaten Sragen.

Dalam Kunspek tersebut, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mendukung dikembalikannya fungsi kawasan Gunung Kemukus sebagai destinasi wisata religi dan wisata keluarga bagi masyarakat Sragen dan sekitarnya. Untuk diketahui wisata Gunung Kemukus dulunya dikenal sebagai tempat wisata “esek-esek”, dengan dilakukannya penataan Wisata Gunung Kemukus diharapkan stigma negatif terhadap Wisata Gunung Kemukus perlahan-lahan menghilang.

“Penataan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi sesungguhnya kawasan Gunung Kemukus sebagai destinasi wisata religi dan wisata keluarga di Sragen dan sekitarnya. Disamping itu juga meningkatkan citra dan daya tarik Kawasan Wisata Gunung Kemukus untuk mendorong peningkatan kegiatan pariwisata sebagai sektor strategis dalam meningkatkan perekonomian wilayah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sragen,” kata Andi Iwan Darmawan Aras, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga : ARUN: Prabowo Bukan Hanya Unggul Soal Gagasan Tapi Lebih Terarah

Legislator Partai Gerindra ini mengatakan, bahwa kegiatan Penataan Kawasan Gunung Kemukus dilaksanakan pada September 2020 sampai dengan Desember 2021, dengan nilai kontrak sebesar Rp 48 miliar. Sedangkan untuk kegiatan Operasi Pemeliharaan Optimalisasi dan Rehabilitasi (OPOR) Kawasan Gunung Kemukus dilaksanakan pada Oktober 2022 sampai dengan Desember 2022 dengan nilai kontrak sebesar Rp 639 juta.

“Oleh karena itu, kehadiran Komisi V DPR RI dalam kunjungan kerja pada hari ini ingin mengetahui secara langsung dan menggali informasi terkait Penataan Kawasan Wisata Gunung Kemukus terutama dalam hal infrastruktur dan transportasi,” imbuhnya.

Simak Juga : Survei SPIN: Prabowo Berpotensi Menang pada Pilpres 2024

Sebagai Informasi, Gunung Kemukus merupakan salah satu tempat wisata yang mengusung tema alam dan juga religi, berlokasi di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Dengan adanya penataan secara fisik objek Wisata Gunung Kemukus, wajah objek Wisata Gunung Kemukus terlihat lebih bagus dan sudah jauh dari kesan negatif.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close