BeritaKesehatanNasionalPeristiwaUmum

Koh Ahong, Pemeran Si Doel Anak Sekolahan Tutup Usia

BIMATA.ID JAKARTA Para penggemar sinetron Si Doel Anak Sekolahan pasti tak lupa dengan sosok pria pemeran Koh Ahong pengusaha batako yang dijodohkan ke Zaenab (Maudy Koesnaedy). Dia adalah Salman Al Farizi. Berita duka datang dari keluarganya. Ia dikabarkan telah tutup usia setelah hampir tiga bulan dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Rano Karno sangat dekat dengan Almarhum Salman. Ia mengenang saat bersama Koh Ahong pergi berangkat haji usai sahabatnya itu memeluk agama Islam.

“Hari ini kita kehilangan seorang sahabat nama aslinya Kasiman, keturunan Tionghoa tapi dia lahir di Aceh. Dia hijrah, masuk ke dalam Islam dan berhaji bersama saya.

Karena itu dia berganti nama menjadi Salman Al Farizi,” jelas Rano Karno dalam video yang diunggah di Instagram-nya pada Selasa (13/6/2023).

Rano Karno menyampaikan rasa kehilangan atas kepergian sahabatnya ini dan meminta semua pihak untuk mendoakan Ahong sesuai keyakinan masing-masing.

Selain sebagai aktor, Ahong juga terlibat dalam pembangunan rumah tempat syuting Si Doel Anak Sekolahan.

Rano Karno mengungkapkan bahwa Ahong telah berperan penting dalam membangun rumah tersebut, bahkan dengan kesulitan dan kegagalan yang pernah dialaminya.

“Dan rumah ini, rumah Si Doel ini, adalah juga jerih payah dia. Dia membangun ini. Bahkan untuk membuat turapnya saja sampai tiga kali gagal. Longsor sampai tiga kali. Dan karena tanggung jawabnya dia kerjakan semua. Walaupun tidak ada tambahan biaya. Dia seorang yang sangat profesional,” kenang Rano Karno.

Rano Karno juga mengenang momen pertama kali mengajak Ahong bermain dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Meski awalnya terkejut, Ahong akhirnya menerima tawaran tersebut bahkan berhasil mengejutkan banyak orang dengan kemampuannya dalam berperan sebagai seorang tokoh Tionghoa yang tidak pandai berakting namun berhasil mencuri perhatian tampil di televisi.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close