BeritaNasionalPeristiwa

Proyek Tol Padang – Pekanbaru Ditargetkan Gerak Signifikan

BIMATA.ID, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) memastikan proyek Jalan bebas hambatan (Tol) Padang-Pekanbaru, yang merupakan koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), bergerak signifikan.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru dibagi menjadi enam seksi, yang akan menghubungkan konektivitas provinsi Sumatera Barat, dan Riau dengan total panjang 254 Kilometer (Km).

“Jalan tol Bangkinang-Koto Kampar dan Seksi Padang-Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana,” ujar Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Prabowo: Politik Rukun dan Stabil Jadi Kunci Lahirnya Kebijakan Pro Rakyat

Sambungnya, dari enam seksi tersebut, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu telah mengoperasikan jalan tol seksi Pekanbaru – Bangkinang pada September 2022 lalu.

“Tol Seksi Pekanbaru-Bangkinang diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Januari 2023 lalu,” tuturnya.

Menurutnya, konstruksi jalan tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 km telah mencapai 75,13 persen guna pengerjaan konstruksi, serta 90,72 persen untuk pengadaan lahannya.

Lihat juga: Terima Hary Tanoe dan Paguyuban Sosial Tionghoa, Prabowo: Negara Bisa ‘Take Off’ karena Kompak

Sedangkan perkembangan pengadaan lahan jalan tol Seksi Padang-Sicincin dengan panjang mencapai 36,6 km sudah mencapai 85,82 persen dengan konstruksi telah mengalami kemajuan hingga 36,57 persen.

“Tiga seksi jalan tol Padang-Pekanbaru lainnya, yakni Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, dan Payakumbuh-Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan JTTS,” jelas dia.

Sekedar informasi, Jalan tol Bangkinang – Koto Kampar akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur, seperti 13 boks underpass, sembilan boks pedestrian, tujuh main bridge, empat overpass, dan satu barrier gate, dan 2 x 2 jumlah lajur dengan kecepatan rencana mencapai 80 Km/Jam.

Simak juga: Purnawirawan Polri Terkesan Paparan Prabowo Soal Tantangan Dunia

Untuk diketahui, pembangunan jalan tol akan ditargetkan rampung pada akhir 2023 mendatang, dan itu mendapatkan support penuh oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close