BeritaPropertiRegionalUmum

Kementerian PUPR Bersama Kemensos Resmikan Rusun Sentra Mulya Jaya

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) telah meresmikan Rumah Susun (Rusun) Sentra Mulya Jaya di Jakarta Timur.

Dibangunnya Rusun ini bertujuan sebagai bentuk nyata kepedulian dan kehadiran Pemerintah guna memenuhi kebutuhan Masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan telah dilengkapi dengan sejumlah prasarana dan fasilitas yang lengkap sehingga menjadi hunian yang layak bagi masyarakat PPKS. Dikutip dari website resmi Kementerian PUPR, Selasa (04/04/2023).

Dalam peresmian rusun tersebut, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menyampaikan, bahwa pembangunan Rusun Sentra Mulya Jaya ini sebagai bentuk nyata kepedulian dan kehadiran pemerintah untuk seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga : Iwan Bule Nyatakan Dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024

“Kementerian PUPR diberikan amanah dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembangunan Rusun ini. Tentunya kami sangat berharap agar bangunan yang didanai melalui APBN ini dapat sesegera mungkin melalui proses penghunian, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya melalui pemanfaatan dan pemeliharaan bangunan yang baik,” ujar Iwan Suprijanto.

Kemudian ia menerangkan, Pembangunan Rusun Sentra Mulya Jaya tersebut dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I, Direktorat Jenderal Perumahan di atas lahan seluas 21.843 meter persegi dengan luas bangunan sebesar 8.367 meter. Rusun itu dibangun setinggi lima lantai dengan total 93 unit yang terdiri atas 91 unit standar dan 2 unit difabel.

Cek Juga: Diendorse Jokowi Ke Sana Ke Mari, Pengamat: Presiden 2024 Jatah Prabowo

“Keseluruhan hunian merupakan tipe 24 meter persegi yang sudah dilengkapi dengan meubelair. Sebagaimana layaknya rumah susun yang dibangun oleh Kementerian PUPR yang lain, rusun ini juga telah dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas pendukung seperti perkerasan untuk sirkulasi, instalasi pengolahan limbah, instalasi air bersih beserta lansekap taman dan komponen pendukung bangunan lainnya,” imbuhnya.

Iwan mengatakan, setelah serah terima Rusun tersebut Kementerian PUPR bekerja sama dengan Kemensos tidak akan hanya membangun Rusun Sentra Jaya saja, akan tetapi pihaknya akan terus berkolaborasi memenuhi kebutuhan masyarakat PPKS akan hunian yang layak, serta juga memberikan fasilitas proses pemberdayaan masyarakat itu sendiri.

Simak Juga : Prabowo Subianto Berpeluang Diusung Koalisi Pemerintah

“Setelah aset diserah terimakan, Kementerian PUPR juga akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial selaku pemohon dan pengguna barang untuk mewujudkan tata kelola administrasi negara yang baik. Kami berharap agar proses serah terima barang milik negara (BMN) Rusun Sentra Mulya Jaya di Jakarta ini dapat segera kita proses bersama-sama,” pungkasnya.

Diketahui, Prosesi Peresmian Rusun Sentra Mulya Jaya dilaksanakan oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini didampingi oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dan anggota Komisi VIII DPR RI dengan menandatangani prasasti sekaligus pemotongan pita. Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan pula peninjauan unit serta para penghuni yang ada di dalam rusun tersebut.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close