Umum

Ahmad Muzani Harap Pemerintah Tetap Sabar dan Semangat Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

BIMATA.ID, JAKARTA —  Partai Gerindra berharap pemerintah tetap bersabar dan bersemangat dalam membantu masyarakat yang terdampak virus corona atau Covid-19. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut, kondisi saat ini memang rumit dan berat. 

“Sekali pun ini persoalan yang berat, saya berharap pemerintah tetap memiliki semangat untuk membantu mereka yang terkena dampak sosial dan ekonomi,” ungkap Muzani dalam siaran persnya, Senin (1/6/2020). 

Dia menyebut, tren kasus corona di Indonesia masih terus meningkat. Belum ada tanda-tanda penurunan kurva kasus positif hingga hari ini. Seiring panjangnya status bencana nasional pandemi Covid-19, seluruh sektor bisnis terpuruk. Sektor-sektor produksi berhenti hingga menimbulkan banyaknya PHK di mana-mana

“Penyelesaian Covid-19 sampai sekarang belum ada tanda-tanda melandai. Saudara-saudara kita yang terkena dampak sosial dan ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19 juga makin hari makin banyak,” beber dia. 

Sementara, negara membutuhkan anggaran yang besar, baik dalam penanggulangan bencana ataupun penyaluran bantuan kepada seluruh masyarakat yang terdampak pandemi. “Untuk mengatasi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, menguras APBN,” tuturnya. 

Muzani juga meminta masyarakat bersabar. Dia mengingatkan, dampak negatif pandemi bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga dirasakan seluruh di seluruh dunia saat ini. “Pemerintah tetap memiliki kekuatan untuk itu dan marilah kita bersatu dalam menangani problem ini bersama-sama dengan pemerintah, agar beban yang berat ini bisa terasa ringan,” imbaunya. 

Salah satu upaya pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak corona adalah dengan memberi bantuan sosial (bansos). Muzani kembali mengusulkan, bansos itu sebaiknya diberikan tunai, tidak berupa paket sembako. 

Bantuan uang tunai itu diyakininya dapat meningkatkan daya beli dan dapat memenuhi kebutuhan dasar rakyat. “Dengan demikian, perputaran ekonomi di lapisan terendah dapat bergerak, sehingga pada akhirnya menguatkan ekonomi di tingkat nasional,” tutur Muzani. 

Dia juga berharap, pemerintah pusat menyalurkan bantuan melalui tingkat pemerintahan terendah, yakni Kepala Desa. Partai Gerindra, kata Muzani, akan mengawal penyaluran bansos yang diperpanjang sampai bulan Desember itu. “Partai Gerindra akan berjuang terus menerus, agar masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi dapat bantuan dari pemerintah hingga bulan Desember.”

Muzani meminta pemerintah tetap harus memprioritaskan rakyat yang kini terpuruk menghadapi situasi saat ini. “Kalau pemerintah bisa melakukan berbagai macam kebijakan untuk membantu perusahaan-perusahaan yang terkena dampak corona, kenapa kita juga tidak dapat melakukan tindakan-tindakan kepada rakyat kecil?” tutur Muzani. 

Lewat 78 anggota DPR, Partai Gerindra akan berjuang di berbagai macam sektor, mulai dari Badan Anggaran hingga berbagai Komisi agar kebijakan-kebijakan Covid 19 yang dikeluarkan pemerintah, pro rakyat.

RAKYAT MERDEKA

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close