BeritaRegional

BMKG Bandung Himbau Masyarakat Yang Lakukan Kegiatan Arus Mudik Untuk Tidak Paksakan Berkendara Saat Hujan Lebat

BIMATA.ID, Bandung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung meminta kepada masyarakat yang sedang melakukan kegiatan arus mudik, untuk tidak memaksakan berkendaraan saat kondisi hujan lebat, khususnya ketika melintasi wilayah Bandung Raya, Jawa Barat.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, selama momen arus balik Lebaran 2023 ini wilayah Bandung Raya masih berpotensi mengalami hujan lebat hingga awal Mei 2023.

“Masyarakat diimbau tidak memaksakan berkendara apabila sedang hujan lebat disertai angin kencang untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas,” kata Rahayu dikutip dari antaranews, Jumat (28/04/2023).

Baca Juga : Silaturahmi Lebaran Prabowo Kunjungi Kediaman Ma’ruf Amin

Menurut dirinya, hingga awal Mei 2023, wilayah Bandung Raya diperkirakan akan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan, namun, hujan diperkirakan turun pada waktu siang hingga sore hari.

Selain itu, kata dia, masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan atau sekitar sungai diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang ditimbulkan dari hujan lebat.

“Masih ada potensi atau peluang hujan lebat durasi singkat dengan skala lokal,” ucapnya.

Dia memprakirakan di wilayah Bandung Raya baru nantinya akan memasuki musim kemarau pada pertengahan Mei 2023. Sedangkan puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada Juli-Agustus 2023.

“Namun demikian, hingga saat ini proses analisa dan observasi data hujan masih berlangsung,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close