BeritaRegionalTravel

Angkasa Pura II Pastikan Kesiapan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umroh dan Haji

BIMATA.ID, Jakarta – PT Angkasa Pura II (AP II) memastikan kesiapan Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, untuk melayani penerbangan umrah, haji, dan reguler.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Selasa (11/02/2023) mengatakan, seluruh fasilitas dan personel di Bandara Kertajati siap melayani penerbangan-penerbangan tersebut.

“Bandara Kertajati menyiagakan sekitar 150 personel untuk mendukung operasional dan pelayanan. AP II juga memastikan kesiapan fasilitas utama antara lain dari sisi udara seperti parking stand pesawat, garbarata hingga kendaraan pendukung seperti follow me car dan kendaraan patroli, semua sudah siap menyambut penerbangan umrah, haji, dan reguler,” kata Awaludin, dikutip dari antaranews, Rabu (12/04/2023).

Baca Juga : Momentum Nuzulul Qur’an 1444 H, Prabowo Sambut Hangat Habib Jafar di Kemhan

AP II menginformasikan memasuki minggu kedua April 2023, lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati diramaikan dengan penerbangan umrah Lion Air pada 15 April 2023, penerbangan umrah Garuda Indonesia pada 9 Mei 2023, penerbangan reguler rute internasional oleh AirAsia direncanakan 17 Mei 2023, dan penerbangan haji pada Juni 2023.

Dia mengatakan, dalam mendukung aspek keselamatan dan keamanan Bandara Kertajati diperkuat enam kendaraan airport rescue & fire fighting (ARFF), mesin X-ray, explosive detector, walk through metal detector (WMTD), hand held metal detector (HHMD), dan fasilitas lainnya.

Bandara Kertajati dilengkapi runway 3.000 x 60 meter guna mendukung operasional hingga pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Boeing 777-300 Extended Range yang biasa digunakan untuk penerbangan jarak jauh (long haul) termasuk dalam penerbangan haji dan umrah.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close