BeritaEkonomiRegional

Sandiaga Sebut Wisata di Kuningan Bisa Menyaingi Wisata Puncak Bogor

BIMATA.ID, Kuningan – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, saat dirinya berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat pada Selasa 28 Februari 2023 mengatakan, Dia menilai, panorama alam di kawasan kaki Gunung Ciremai memiliki panorama yang ciamik sehingga bisa menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan dari luar daerah.

Bahkan, destinasinya bisa diadu dengan kawasan Puncak Bogor yang banyak dikunjungi pelancong asal ibukota.

“Karena kalau jarak tempuh dari Jakarta di bawah 3 setengah jam, bisa bersaing dengan destinasi seperti puncak. Dinginnya sama, pemandangan alam yang indah, budaya beragam dan kulinernya memiliki daya saing,” kata Sandiaga, dikutip dari detik, Rabu (01/03/2023).

Baca Juga : Menhan Prabowo Terima Kunjungan Senior Minister Singapura H.E. Mr. Teo Chee Hean

Sandiaga mengatakan, potensi wisata di Kabupaten Kuningan untuk saat ini telah dikembangkan dengan baik oleh pemerintah daerah, misalnya Desa Cibuntu yang dikenal sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.

Selain desa tersebut, lanjutnya, dari hasil diskusinya bersama Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama, daerah tersebut ternyata masih memiliki beberapa desa yang dapat bersaing tak hanya menjadi tempat wisata, melainkan bisa sebagai pusat geliat ekonomi kreatif berbasis desa.

“Seperti destinasi J&J ini, merupakan kolaborasi antara pemerintah desa di bawah Pemkab Kuningan. Lahirlah geliat ekonomi, yang mana jumlah kunjungannya sudah 2000 pengunjung per minggu. Ini kita hadirkan juga di Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

“Tadi kami melakukan giat inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Di Kuningan ada desa wisata yang menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, yaitu Cibuntu. Masih ada potensi lainnya seperti Desa Bojong, Desa Setianegara, dan lainya yang bisa menarik wisatawan,” tambahnya.

Simak Juga : Romo Syafii Bagikan Buku Kepemimpinan Militer Prabowo di Universitas Tanjungpura

Untuk mendukung dan mengembangkan potensi wisata, Sandiaga menyebut diperlukan kehadiran investor, sebab, dengan kehadiran investor di Kabupaten Kuningan maka pengembangan wisata di daerah ini dapat berkembang pesat.

“Ada juga potensi investasi. Tadi kami sudah terhubung dengan para investor yang nanti akan membuatkan wisata, karena setiap investasi di sini produk ekonomi kreatifnya akan meningkat dan UMKM memiliki peluang usaha serta lapangan kerja meningkat,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close