BeritaNasionalPeristiwaPertanianUmum

Prabowo: Pupuk BIOS 44 DC Buatan Kodam III Siliwangi Dapat Menjawab Keluhan Petani

BIMATA.ID, Jakarta- Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sangat mengapresiasi inovasi ciptaan Kodam III/Siliwangi yaitu BIOS 44 DC.

Hal ini dia sampaikan usai menerima kunjungan Prabowo ke Kodam III Siliwangi, Jumat, 17 Maret 2023

“Saat kunjungan tersebut Menhan Prabowo sangat antusias mengamati dan mendengarkan penjelasan terkait inovasi BIOS 44 DC. Menurut Menhan, teknologi BIOS 44 DC dapat menjawab keluhan para petani tentang persoalan pupuk,” kata Kunto Arief Wibowo.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Menhan mengatakan BIOS 44 DC bisa diproduksi menjadi pupuk-pupuk dengan bakteri mikroba yang sangat efisien dan produktif, sangat murah, ini sangat membanggakan.

“Menhan juga berencana akan mengembangkan pupuk BIOS 44 DC hasil inovasi teknologi terapan Kodam III/ Siliwangi, untuk mengatasi masalah pertanian dan bakal menguji coba pupuk BIOS 44 DC itu di lahan sekitar 20 hektar di sejumlah daerah. Jika berhasil, selanjutnya akan dipaparkan ke Presiden Joko Widodo, Menteri Pertanian dan Menristek,” pungkasnya.

BACA JUGA: Jadi Warga Kehormatan Kopasgat TNI AU, Prabowo: Saya Akan Jaga Kehormatan Korps Baret Jingga

BIOS 44 DC merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan.

Cairan tersebut, berfungsi memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada lahan gambut dalam tempo tertentu.

BIOS 44 DC memiliki kemampuan menetralisir kadar asam air, peningkatan produktivitas hasil perkebunan dan pertanian serta membuat lahan eks tambang menjadi layak ditanami.

BACA JUGA: Survei PWS: Duet Prabowo-Ganjar Paling Banyak Dipilih

Bahkan teknologi ini mampu membuat air kolam pemeliharaan ikan tetap bersih tanpa harus mengganti rutin dan hasil budidaya ikannya pun meningkat.

Penggunaan Bios 44 DC, dapat menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan petani dan peternak hingga 30 persen. Dari sisi kandungan bahan, Bios 44 DC dipastikan aman karena mudah terurai. Pemanfaatan Bios 44 DC pada sektor pertanian ini juga aman untuk kesehatan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close